Image

Bos Baru Pertamina Siap Muluskan Holding BUMN Energi

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 16 Maret 2017, 17:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 16 320 1644648 bos-baru-pertamina-siap-muluskan-holding-bumn-energi-meXGIYVXh0.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Elia Massa Manik resmi mengemban jabatan baru sebagai Direktur Utama Pertamina. Keahlian Elia ketika menjadi Direktur Utama PTPN III yang juga holding BUMN perkebunan, diyakini dapat melancarkan rencana holding BUMN sektor energi.

Pemerintah lewat Kementerian BUMN berencana membuat perusahaan induk (holding) pada beberapa sektor perusahaan. Salah satu holding yang dibentuk yakni BUMN sektor energi antara PT Pertamina (Persero) dengan PT Perusahaan Gas Negara (PGN).

Menurut Elia, holding merupakan satu dari sebagian program Kementerian BUMN. Karena program, tentu sebagai BUMN harus siap mendukung penugasan itu.

"Artinya gini, kalau ditugaskan secara logika saya sebagai Dirut gak masuk akal, saya yang sulit kan karena pilihan saya kan A atau B. Tapi kalau bicara energi enggak integrasi kan sulit,"tuturnya, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Sekedar informasi, Rencana Menteri BUMN Rini Soemarno untuk membentuk holding di beberapa sektor termasuk energi tidak bisa terwujud segera. Pasalnya, pembentukan holding tersebut masih terkendala proses politik yang a lot.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Sony Loho mengungkapkan proses holding masih menjadi pembahasan panjang di DPR.

"Jadi kami masih komunikasi dulu supaya di DPR juga tidak jadi masalah. Jadi ya tunggu proses komunikasi dahulu sebelum RPP (Rancangan Peraturan Pemerintah) soal holding disiapkan," ujarnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini