Image

Pertamina Pangkas Rencana Kerja Pengeboran Sumur di Blok Mahakam

Feby Novalius, Jurnalis · Kamis 16 Maret 2017, 18:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 16 320 1644688 pertamina-pangkas-rencana-kerja-pengeboran-sumur-di-blok-mahakam-lSh45xpWoK.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pada 1 Januari 2018, PT Pertamina (Persero) menjadi pengelola di Blok Mahakam. Belum-belum mengelola, BUMN sektor energi sudah merevisi target pengeboran dari 19 sumur menjadi 8 sumur di Blok Mahakam.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan, Blok Mahakam saat ini berada pada masa-masa yang cukup krusial, di mana Pertamina akan menjadi operator dan pengelola Blok Mahakam. Kondisi reservior di sana akan terjadi decline produksi cukup tajam apabila tidak ada pengeboran, untuk itu Pertamina bersama Total E&P selaku pengelola existing akan melakukan investasi untuk melakukan pengeboran.

Ide awalnya, kata Syamsu, Pertamina akan melakuka pengeboran di 19 sumur. Dana yang disiapkan sekira USD190 juta untuk pengeboran sumur dan kegiatan lain.

"Hanya memang gak semudah itu permasalahannya. Setelah tim evaluasi paling optimal bisa bor antara 6-8 sumur,"tuturnya, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Menurut Syamsu, revisi target pengeboran karena ada faktor pajak dan segala macam hal lainnya. Meski demikian, produksi di Blok Mahakam tetap tidak akan terganggu.

"Karena kalau kita pengeboran di 2017, kita gak produksi di 2017. Jadi kalau kita bicara, kita banyak bor di 2017 pun, barang kali tak akan langsung ada pengaruhnya karena baru bisa produksi di 2018,"ujarnya.

Sekarang, kata Syamsu, tim sedang mempersipkan banyak program untuk dijalankan 2018. Salah satunya melakukan pengeboran 8 sumur, sebab untuk melakukan pemboran tidak bisa hanya dikerjakan pada tahun dimulai.

"Untuk pengeboran kita enggak bisa langsung pasang rig di sana. Harus ada site preparation dan segala macam,"tuturnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini