Image

Fed Rate Naik, Bagaimana Nasib Sektor Properti yang Masih Lesu?

Trio Hamdani, Jurnalis · Kamis 16 Maret 2017, 14:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 16 470 1644361 fed-rate-naik-bagaimana-nasib-sektor-properti-yang-masih-lesu-TgZxdTW5hR.jpg Ilustrasi : Shutterstock

JAKARTA - Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat Janet Yellen telah menaikkan tingkat suku bunga the Fed ke posisi 0,75% - 1%. Peningkatan suku bunga sebanyak 0,25% ini dinilai tak terlalu baik bagi sektor properti.

Apalagi sektor properti saat ini sedang mengalami perlambatan pertumbuhan sejak 2 tahun terakhir. Sehingga dengan naiknya suku bunga the Fed membuat sektor properti bertambah lemah.

"Kalau properti mungkin agak sedikit negatif ya karena kalau the Fed naikkan suku bunga, kita ya jadi sentimennya agak negatif bagi sektor properti karena bunga di Indonesia nggak mungkin turun," ujar Direktur Investa Saran Mandiri Hans Kwee dihubungi Okezone di Jakarta, Rabu (16/3/2017).

Kaitannya dengan sektor properti, dijelaskannya karena kebanyakan penjualan properti mengandalkan produk Kredit Pemilikan Rumah (KPR), yang mana produk KPR ini ada bunga yang dikenakan.

"Karena penjualan properti kebanyakan kan pakai bunga kredit kan KPR. KPR itu akan laku kalau bunga rendah. Jadi kalau seandainya BI nggak nurunin bunga tentu bunga KPR kan nggak bisa turun," jelasnya.

"Kalau seandainya the Fed naikan bunga tentunya Bank Sentral kita tidak mungkin menurunkan suku bunga. Kalau bunga nggak turun kan tentu nggak terlalu positif untuk sektor properti," tambah Hans.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini