Image

Selain Terpukul Fed Rate, Industri Properti Sulit Bangkit 2 Tahun ke Depan

Trio Hamdani, Jurnalis · Kamis 16 Maret 2017, 16:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 16 470 1644493 selain-terpukul-fed-rate-industri-properti-sulit-bangkit-2-tahun-ke-depan-qE4uSeFWrX.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Naiknya suku bunga the Fed hari ini yang mencapai 0,25% dinilai akan berimbas terhadap sektor properti termasuk pergerakannya di pasar modal. Namun, dampak Fed Rate diperkirakan hanya jangka pendek.

Analis Capital Asset Management Desmon Silitonga mengatakan, ketimbang imbas yang diterima sektor properti akibat naiknya suku bunga the Fed, geliat sektor properti ke depannya jauh lebih penting.

"Kenaikan suku bunga the Fed hanya sentimen sementara. Namun yang jauh lebih penting ialah prospeknya (sektor properti)," jelasnya dihubungi Okezone, Rabu (16/3/2017).

Ia pun memperkirakan, geliat sektor properti baru akan terlihat dalam kurun waktu 1 hingga 2 tahun yang akan datang. "Mungkin dalam 1 atau 2 tahun ke depan (sektor properti baru akan membaik)," lanjutnya.

Hal itu, ia jelaskan dapat dilihat dari penetrasi yang terjadi di perbankan terkait suku bunga kredit perumahan. "Indikasinya sih bisa dilihat dari penetrasi kredit perbankan di sektor properti. Saat ini konsumen masih cenderung hati-hati," ujarnya.

Dia menambahkan, meski sektor properti saat ini sedang lesu, namun, untuk pasar properti hunian masih cukup menunjukkan pertumbuhan yang positif.

"Mungkin untuk properti segmen residensial untuk mulai membaik. Tapi untuk properti gedung-gedung pencakar langit (high rise) masih akan melempem," tukasnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini