Image

Astaga! Banyak Artis yang Belum Lapor Pajak

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Jum'at 17 Maret 2017, 22:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 17 20 1645891 astaga-banyak-artis-yang-belum-lapor-pajak-jMU01ua3Se.jpg Ilustrasi pajak. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Pajak merupakan hal penting bagi pembangunan negara. Pasalnya, bukan tidak mungkin seretnya penerimaan pajak yang minim bisa menghambat pembangunan sebuah negara.

Mengingat penerimaan negara dari pajak kerap digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi mengatakan, sosialisasi pajak kepada selebriti juga hal penting. Sebab, masih banyak artis yang tak mengerti soal pajak.

"Pekerja seni adalah Wajib Pajak (WP) Orang Pribadi (OP) yang penghasilannya disetor sendiri maupun dipotong oleh pemberi kerja. Jadi pas dibayar ya sudah dipotong (perusahaan media). Jadi tetap bayar pajak namun di bayarkan oleh manajemen artisnya," ungkapnya di Gedung Mari'e Muhammad DJP, Jakarta, Jumat (17/3/2017).

Selain itu, Ken juga memaparkan bahwa kepatuhan pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) tahunan WP OP Pekerja seni masih rendah. Di tahun 2015 ada 51% pekerja seni yang tidak lapor SPT.

"Tahun 2015 enggak lapor 51%, kalau yang hadir di sini sudah ada semua, ya jadi yang enggak lapor mudah-mudahan sampai 31 Maret mudah-mudahan semua yang 51% tadi sudah menurun," tukasnya.

Selain itu ia mengatakan dari pekerja seni, salah satunya yang bekerja sebagai artis ada 958 orang hanya 25% yang ikut program tax amnesty.

"Artis yang sudah ikut 25% yg belum 75% untuk artis sinetron dan musisi. Sementara pekerja seni lainnya 340 sebanyak 46% sudah ikut tax amnesty, yang belum 54%," tukasnya.

 (kmj)

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini