Image

Kemenhub Kaji Rencana Pembangunan Bandara Gudang Garam

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Jum'at 17 Maret 2017, 12:37 WIB
https img z okeinfo net content 2017 03 17 320 1645173 kemenhub kaji rencana pembangunan bandara gudang garam BCGbGEb5sA jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melakukan peninjuan terhadap rencana PT Gudang Garam Tbk (GGRM) membangun bandara di Kediri. Namun, sampai saat ini belum ada keterangan pasti mengenai detail evaluasi yang dilakukan.

"(Pembangunan Bandara di Kediri) itu belum. Semuanya masih di evaluasi dan masih terus di bahas," ungkap Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso di Kantor Kemenhub, Jakarta, Jumat (17/3/2017).

Menurutnya, sampai saat ini Pemerintah memang sedang mendorong swasta dalam membantu pembangunan wilayah yang ada di Indonesia, salah satunya, pihaknya ikut mendorong pihak swasta untuk membangun serta mengoperasikan bandara yang ada di dalam negeri. Keikutsertaan swasta karena memang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sendiri masih terbatas dan tidak mencukupi dalam pembangunan.

"Jadi kita mengembangkan swasta-swasta yang membuat dan mengoperasikan bandara dengan konsep green field. Konsep ini artinya mulai dari pembebasan tanah dan sebagainya itu dananya dari swasta," tukasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Soekarwo memastikan PT Gudang Garam membangun bandar udara di Kabupaten Kediri yang diproyeksikan untuk penerbangan komersial.

"Bandaranya nanti digunakan untuk umum, namun sebagian untuk privasi perusahaan," kata Soekarwo kepada wartawan di Surabaya, Kamis.

Dia mengatakan lahan dan anggaran telah dipersiapkan dan tanpa menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) karena murni dari perusahaan itu.

Soekarwo juga mengaku telah melapor kepada Presiden RI Joko Widodo di sela rapat kabinet terbatas di Istana Negara, Selasa 14 Maret lalu.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini