Image

Kemenhub Berikan Pengelolaan 5 Bandara ke AP I dan II, Nih Daftarnya

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Jum'at 17 Maret 2017, 13:17 WIB
https img o okeinfo net content 2017 03 17 320 1645224 kemenhub berikan pengelolaan 5 bandara ke ap i dan ii nih daftarnya uNy2XBM0aY jpg (Foto: Koran SINDO)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memiliki rencana untuk memberikan pengelolaan lima bandar udara yang sekarang sudah menjadi Badan Layanan Umum (BLU) kepada PT Angkasa Pura (AP) I dan AP II.

Hal ini dilakukan karena pengoperasian bandara menurut UU bisa diselenggarakan oleh beberapa pihak, baik swasta maupun BUMN.

Kelima bandara itu yang sudah menjadi BLU adalah Bandara Internasional Sentani, Bandara Juwata Internasional Tarakan, Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie Palu, Radin Inten II Lampung, dan Bandara H.A.S Hananjoeddin Belitung.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Agus Santoso mengatakan, PT AP I dan PT AP II akan memiliki tugas yang berbeda dalam mengelola kelima bandara tersbut. PT AP I akan mengelola bandara di kawasan tengah sampai timur, seperti Sentani dan Tarakan. Sementara itu, PT AP II akan mengelola bandara di Barat, seperti Palu, Lampung, dan Belitung.

"Ini mereka semua sudah siap, karena bentuknya sudah BLU, nanti bentuknya KSO (Kerja Sama Operasi). Dengan adanya KSO ini kita harapkan swasta dapat berkembang mengelola airport," ungkanya di Kantor Kemenhub, Jakarta, Jumat (17/3/2017).

Selain itu, ia juga memaparkan jika saat ini bandara Belitung saat ini sudah menjadi bandara internasional. Yang akan memanjakan penumpang yang ingin ke Belitung, nantinya saat ingin berwisata ke Belitung bisa langsung dari Bandara Soekarno-Hatta.

"Bandara Belitung, dia kita jadikan sekarang bandara Internasional. Dulu internasional airport hanya ada 27, sekarang 28 ditambah Belitung," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini