Image

Hal yang Harus Kamu Lakukan Setelah Baru Saja Dipecat

Agregasi Senin 20 Maret 2017, 06:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 17 320 1645252 hal-yang-harus-kamu-lakukan-setelah-baru-saja-dipecat-kQAw5FxzAK.jpg (Ilustrasi: Shutterstock)

DIPECAT merupakan salah satu kata paling horor bagi para pekerja. Apalagi kalau kamu di-PHK secara mendadak, tanpa pemberitahuan minimal satu bulan sebelumnya.

Tentunya hal ini akan membuat kepala pusing memikirkan banyak hal seperti karier dan kehidupan keluarga. Agar tidak pusing dan bingung harus melakukan apa jika di-PHK, berikut ini langkah yang harus kamu lakukan setelah dipecat:

Cek saldo di ATM

Hal pertama yang harus kamu lakukan sesaat ditelah dipecat adalah mengecek saldo di ATM. Yup, hal ini berguna untuk mengecek kondisi keuanganmu mengingat dalam beberapa waktu ke depan kamu akan kehilangan sumber pendapatan utama, atau mungkin justru satu-satunya.

Dengan mengetahui berapa jumlah saldo di atm, kamu bisa memperkirakan berapa lama kamu dapat bertahan hidup dengan uangyang dimiliki. Selain itu, kamu juga bisa kembali membuat anggaran bulanan bahkan harian sampai nanti kamu mendapat pekerjaan lain.

Minta pekerjaan

Hal selanjutnya adalah meminta pekerjaan. Bagi kamu yang telah berkarier cukup lama, tentu jaringan pertemanan dan jaringan kerja akan semakin luas. Oleh karena itu, kamu bisa meminta pekerjaan terhadap teman dan kenalanmu di luar sana. Jangan gengsi, karena di saat genting seperti ini kamu membutuhkan pekerjaan lain secepatnya.

Selain meminta pekerjaan, kamu juga bisa langsung menulis surat lamaran kerja, mengupdate cv lalu mengirimkannya secara online. Sekarang ini, banyak sekali situs-situs lowongan kerja yang bisa memudahkanmu dalam mencari pekerjaan lain.

Cek utang-piutang

Saat-saat darurat seperti ini, kamu harus segera cek utang yang harus kamu bayar. Misalnya cicilan kartu kredit, atau cicilan kendaraan bermotor. Hitunglah berapa jumlah cicilan tersisa yang harus kamu bayar.

Tak hanya itu, kamu juga perlu cek piutang yang kamu miliki. Mungkin sebelumnya ada beberapa teman atau kenalan yang pinjam uang kepadamu dan belum membayar utang mereka kepadamu. Dalam kondisi seperti ini, segera tagih piutang terhadap mereka karena dapat membantu kondisi finansialmu.

Kabari orang terdekat

Jangan lupa, kamu harus segera mengabari orang terdekat terkait kondisimu yang baru saja dipecat. Untuk yang sudah berkeluarga bisa mengabari pasangan, untuk yang belum berkeluarga bisa memberi kabar pada orang tua.

Maksimalkan hobi

Namun, ada juga sisi positif jika kamu dipecat. Misalnya, kamu jadi punya waktu luang lebih banyak sehingga bisa memaksimalkan hobi. Kalau dijalankan secara profesional kamu bisa mendapatkan penghasilan dari hobi, lho. Misalnya, kamu hobi masak maka kamu bisa buka usaha kuliner, atau jika kamu hobi musik kamu bisa menjadi seorang artis.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini