Image

KATA MEREKA : Usut Tuntas Pelaku Perusakan Terumbu Karang Raja Ampat

Giri Hartomo, Jurnalis · Minggu 19 Maret 2017, 08:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 17 320 1645604 kata-mereka-usut-tuntas-pelaku-perusakan-terumbu-karang-raja-ampat-uwX4e05O41.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Kapal pesiar Inggris Caledonian Sky yang berbobot hampir 4.300 ton berlayar di perairan Raja Ampat pada 4 Maret 2017. Kapal penumpang tersebut merusaknya terumbu karang sehingga menimbulkan kemarahan dari masyarakat Indonesia,

Menurutnya Menteri koordinator bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan, pihaknya melihat peluang bisa menuntut ganti rugi atas rusaknya terumbu karang di Raja Ampat, Papua.

"Besok kami akan mengirim tim untuk memastikan penanganannya. Nanti secara hukum laut tadi Deputi Havas mengatakan kita punya peluang yang sangat kuat untuk menuntut ganti rugi dan menindak mereka,”kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, belum lama ini.

Luhut memandang, tuntutan yang dilayangkan pemerintah bukan hanya karena kerusakan tapi karang yang hancur tersebut merupakan karang yang langka.

“Bukan cuma ganti rugi saja akibat kerusakan karang yang dibuat di Raja Ampat itu. Karangnya itu karang yang sangat langka,” tegasnya.

Lalu seperti apa respons masyarakat melihat rusaknya terumbu karang yang rusak karena Kapal Pesiar Inggris Caledonia Sky tersebut. Apa harapan masyarakat untuk pemerintah, berikut KATA MEREKA :

1. Mohammad Reza Fachrurozi (23 Tahun) Karyawan Swasta

Belum pernah ke Raja Ampat. Tapi gue tahu kok ada karang yang rusak karena kapal Caledonia, mereka kapal pesiar yang lewat Raja Ampat sampai merusak terumbu karang berhektar-hektar.

Menurut gue sih perlu banget menuntut perusak terumbu karang itu karena mereka sudah merusak ekosistem laut kita yang sangat indah jadi harus melestarikannya kembali. Saran ke Ibu Menteri biar dikasih hukuman yang pantas untuk perusak terumbu karang itu!

2. Richania Reza Prima (20 Tahun) Karyawan Swasta

Belum pernah ke sana sih. Untuk berita mengenai terumbu karang di Raja Ampat yang rusak tahu tapi sekilas tadi pagi baru baca.

Tuntut saja, kan kapal besar memang harusnya enggak boleh lewat wilayah konservasi itu. Jadi rusak kan, ikan-ikannya juga jadi stres dan bete. Tenggelamkan saja kapal itu bu !

3. Fahriza Rizky (22 Tahun) Karyawan

Untuk ke Raja Ampat belum pernah. Saya tahu beritanya ada di Internet. Ya pemerintah harus menuntut perusak terumbu karang tersebut. Karena Raja Ampat itu merupakan aset penyelam yang sangat berharga bagi Indonesia.

Keindahan alam yang tuhan ciptakan begitu luar biasa untuk negeri ini. Jadi saran untuk Menteri Susi semoga bisa mengusut tuntas permasalahan ini karena menurut info yang saya baca ini merupakan kesalahan nahkoda kapal.

4. Deianeira Dwitari Pandei (21 Tahun) Mahasiswa

Kalau ke Raja Ampat belum pernah. Tapi mengenai beritanya tau. Iya harus menuntut itu daerah lautan untuk pelestarian terumbu karang, apa yang dilakukan kapal tersebut merusak keindahan dan merugikan orang-orang di daerah setempat.

Saat ini juga kan sedang diselidiki, karena ini merusak indikasi pidananya juga ada. Oleh karena itu harus diproses dan ditindak tegas.

5. Irena Rizky Fauzia (22 Tahun) Mahasiswa

Kalau ke Raja Ampat belum pernah, enggak tahu juga tapi kalau benar ih parah banget ya. Apalagi kan Raja Ampat itu terkenal banget dan bagus banget. Harus ditindak karena terumbu karang sendiri itu aset berharga dari biota laut yang ada di laut Indonesia khususnya di Raja Ampat, jadi harus dijaga dan dilestarikan apalagi populasinya sekarang semakin berkurang.

Sedangkan terumbu karang itu berperan dalam kehidupan bawah laut sana. Tindak secara tegas untuk efek jera, selain itu UU yang sudah ada harus dijalankan jangan sampai hanya catatan tertulis saja.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini