Image

RAHASIA SUKSES: Mengenal Bos Baru Pertamina Elia Massa Manik

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Sabtu 18 Maret 2017, 18:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 17 320 1645649 rahasia-sukses-mengenal-bos-baru-pertamina-elia-massa-manik-hipS3d9Wk9.jpg Foto: Okezone/Feby Novalius

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) resmi memiliki Direktur Utama (Dirut) baru. Dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) yang digelar 16 Maret 2017, diputuskan dan disepakati bahwa Elia Massa Manik menjadi Dirut Pertamina menggantikan Dwi Soetjipto.

Bagi sebagian masyarakat nama Elia memang tidak begitu familiar. Namun siapa sangka, ternyata Elia memiliki segudang pengalaman sebagai pemimpin perusahaan. Elia telah malang melintang memimpin beberapa perusahaan.

Mengutip berbagai sumber, Elia Massa Manik memulai karir dari PT Indofood Sukses Makmur (INDF). Dia juga sempat bergabung di Suez Group hingga 2001.

Pria kelahiran Kabanjahe Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini juga pernah berkarir di PT Kiani Kertas. Baru kemudian Elia bergabung dengan PT Jababeka.

Karirnya di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dimulai saat memimpin PT Elnusa, anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang jasa migas. Dia menjabat sejak Juli 2011 hingga 2014. Karirnya dianggap sukses membawa kinerja Elnusa menjadi lebih baik setelah terungkapnya kasus pembobolan dana perusahaan di Bank Mega.

Elia melakukan sejumlah perbaikan di Elnusa, yang pada saat dia masuk memiliki operating cash flow yang negatif sebesar Rp 200 miliar. Salah satu contoh perbaikan yang dilakukannya adalah dengan melakukan refinancing di Elnusa, selain itu dia juga melakukan perbaikan sumber daya manusia di sana.

Sebelum diangkat menjadi Dirut Pertamina, alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) dan ASEAN Institute Of Management Filipina ini memimpin PT Perkebunan Nusantara III (persero) sejak 2016 yang juga merupakan holding BUMN perkebunan.

Di PTPN III ini, dia mengelola 14 perusahaan perkebunan negara dengan jumlah pegawai sebanyak 139.000. Elia Massa Manik sukses menjalankan restrukturisasi dengan memangkas jumlah direksi PTPN menjadi maksimal hanya tiga orang, yang sebelumnya, satu PTPN dapat mempunyai empat sampai lima direktur.

Penunjukkan Elia mendapat respons dari Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Dia mengatakan Presiden Jokowi sudah memilih orang yang tepat. Elia Massa Manik dinilai oleh Luhut merupakan sosok yang bagus, tegas sekaligus punya hati.

Selain itu, Elia Massa juga dinilai sangat baik saat memimpin BUMN perkebunan dan juga ahli dalam bidang restrukturisasi.

"Saya tahu dari media dan saya kenal, dia pernah bekerja sama dengan saya dan menyelesaikan elnusa dengan bagus. Kita lihat saja nanti," kata Luhut, di Kantor Kementrian Kordinator bidang Kemaritiman, Kamis (16/3/2017)

Luhut berpesan kepada Elia yang akan menjabat sebagai Dirut Pertamina untuk membenahi masalah yang ada di Pertamina. Selain itu, Massa Manik diprediksi akan melakukan banyak perbaikan, penghematan dan efisiensi dan penggunaan konten lokal.

"Saya kira pak Massa manik paham betul akan itu, dan dia mengerti manajemen dengan baik. Saya kira akan bawa banyak perubahan untuk pertamina," kata Luhut. (kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini