Image

Menimbang Dana Repatriasi Masuk ke Program Sejuta Rumah

Trio Hamdani, Jurnalis · Senin 20 Maret 2017, 09:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 17 470 1645187 menimbang-dana-repatriasi-masuk-ke-program-sejuta-rumah-vzmJ37jOia.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Besarnya dana yang dibutuhkan untuk menggenjot program 1 juta rumah, pemerintah dinilai perlu menarik dana-dana investasi. Salah satunya dana repatriasi program tax amnesty.

"Pemerintah masih banyak butuh dana untuk proyek 1 juta rumah itu. Artinya ini kan salah satu agenda besar di bidang infrastruktur. Jadi ini yang sebenarnya investor bisa ikut berperan menyuntikkan modal," ujar Ekonom Indef Ahmad Heri Firdaus kepada Okezone baru-baru ini.

Namun, menurutnya, tentu investor memiliki sejumlah pertimbangan untuk menamankan modalnya di program 1 juta rumah.

"Kan investor itu kan nggak sembarangan mau menaruh uangnya di mana. Dia lihat-lihat dulu, prospeknya ini seperti apa, untung apa enggak, sudah gitu pengembaliannya nanti gimana," jelasnya.

Apabila program 1 juta rumah mampu menawarkan sejumlah keuntungan untuk investor maka ia menilai, mereka jelas akan bersedia menanamkan modalnya di sana. Namun jika tak menguntungkan, mereka tidak akan menyuntikkan modalnya di properti 1 juta rumah.

"Tentu mereka hitung-hitungan, para pemilik modal itu. Kalau lebih untung mereka usaha di luar negeri ya sudah mereka di luar saja tapi nggak repatriasi gitu," tambahnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini