Image

Kikis Kemiskinan Dapat Jatah 12% dari Alokasi Dana Daerah

Koran SINDO, Jurnalis · Sabtu 18 Maret 2017, 18:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 18 20 1646136 kikis-kemiskinan-dapat-jatah-12-dari-alokasi-dana-daerah-8DHeaDe2h5.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

KEBUMEN – Bupati Kebumen Mochamad Fuad Yahya meminta seluruh pemerintahan desa agar mengalokasi dana sebesar 12% dari Alokasi Dana Desa.


Hal ini dilakukan sebagai upaya menanggulangi kemiskinan. Fuad Yahya menegaskan kepada seluruh kepala desa (kades) untuk menjaga komitmen mereka terhadap penanggulangan kemiskinan di wilayahnya masing-masing.

“Minimal 12% untuk penanggulangan kemiskinan. Itu diambilkan dari APBDes masing- masing,” kata Fuad Yahya, kemarin.

Sikap Fuad Yahya ini ternyata tidak main-main. Bahkan, dia secara tegas meminta seluruh camat untuk tidak memberikan rekomendasi pencairan yang diusulkan oleh desa.

“Saya minta kepada seluruh camat, jika ada desa yang tidak menyisihkan minimal 12% untuk penanggulangan kemiskinan, agar desa itu jangan diberikan rekomendasi pencairan ADD ataupun DD-nya,” kata Fuad Yahya.

Fuad Yahya memberikan beberapa pos untuk alokasi penanggulangan kemiskinan seperti program pro kemiskinan pembayaran premi BPJS dan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Di sisi lain, Fuad Yahya mengingatkan kepada para kades dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) untuk berhati-hati dalam mengelola keuangan yang diterima desa.

“Saya minta kelola dana desa dengan sangat hati-hati. Apalagi, sekarang ini ada Tim Saber Pungli yang sewaktu-waktu bisa bergerak ke mana pun,” kata Yahya.

Kepala Dispermades Kebumen Moh Amirudin mengatakan, Kabupaten Kebumen menerima total ADD sebesar Rp130,012 miliar. Sementara untuk DD total sejumlah Rp359,998 miliar. Menurut Amirudin, formula penetapan besaran DD dihitung dengan perhitungan jumlah penduduk, angka kemiskinan, luas wilayah dan tingkat kesulitan geografis setiap desa.

“Tentu saja DD akan berbeda antar satu desa dengan yang lain,” kata Amirudin, kemarin.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini