Image

Aduh, Jumlah Investor Ritel di Pasar Modal Baru 1 Juta Orang

Ulfa Arieza, Jurnalis · Sabtu 18 Maret 2017, 12:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 18 278 1646075 aduh-jumlah-investor-ritel-di-pasar-modal-baru-1-juta-orang-1QoVvQRH6s.jpg Foto: Ulfa/Okezone

JAKARTA - Partisipasi investor ritel dalam pasar modal Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan. Dalam dua tahun terakhir, investor ritel yang memiliki investasi saham tercatat sebanyak satu juta investor.


Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida mengatakan capaian ini adalah hal yang patut untuk dibanggakan.

"Kita dapat bergembira investor ritel mengalami peningkatan dari 400 ribu sekarang 1 juta dalam 2 tahun itu merupakan prestasi yang luar biasa," ujar Nurhaida dalam diskusi bertajuk ‘Mempertahankan Kinerja Pasar Modal Indonesia di Tengah Gejolak Kondisi Global’, Sabtu (18/3/2017).

Kendati mengalami pertumbuhan yang cukup menggembirakan, menurut Nurhaida angka ini belum mencerminkan partisipasi maksimal dibandingkan total seluruh penduduk Indonesia yang berjumlah 258 juta orang. Partisipasi investor ritel tersebut hanya mencerminkan 0,39% dari total penduduk Indonesia.

Saat ini, lanjut Nurhaida, Indonesia masih tertinggal dengan Malaysia dan Singapura yang angka partisipasinya mencapai 20% - 30 %.

"Kalau kita lihat bagaimana suatu market akan berkembang kalau peserta di market kurang banyak," tambahnya.

Hambatan utama dalam peningkatan jumlah investor adalah minimnya literasi atau pengetahuan masyarakat tentang pasar modal.

Oleh karena itu Nurhaida mengatakan, pihaknya dalam hal ini adalah OJK bersama dengan BEI serta asosiasi terkait akan terus mengadakan sosialisasi kepada masyarakat tentang pasar modal.

"Indonesia perlu meningkatkan jumlah investor ini secara signifikan secara masif kita lakuakan terobosan," pungkasnya. (kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini