Image

OJK: Pemahaman Masyarakat soal Pasal Modal Naik

Ulfa Arieza, Jurnalis · Sabtu 18 Maret 2017, 13:16 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 18 278 1646083 ojk-pemahaman-masyarakat-soal-pasal-modal-naik-3JQE6sRKbM.jpg Foto: Ulfa/Okezone

JAKARTA - Komitmen PT Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam mendukung dan meningkatkan penetrasi pasar modal di masyarakat Indonesia melalui berbagai bentuk edukasi pasar modal membuahkan hasil. 

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida memaparkan hasil survei yang dilakukan pihak OJK terkait literasi atau pengetahuan masyarakat tentang pasar modal dan utilisasi atau keterlibatan aktif masyarakat dalam pasar modal. Hasil survei menunjukkan angka pertumbuhan yang signifikan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. 

Literasi masyarakat pada 2016 sebesar 4,4% meningkat dari 2013 yaitu sebesar 3,8%. Sedangakan tingkat utilisasi pada 2016 sebesar 1,25% meningkat dari 2013 yaitu sebesar 0,1%. 


"Kembali lagi kalau kita lihat kenaikan sudah luar biasa. Arah kita untuk meningkatkan literasi dan edukasi sudah cukup pada trek yang benar yang perlu kita lakukan adalah meningkatkan lebih masif lagi," terang Nurhaida dalam diskusi ‘Mempertahankan Kinerja Pasar Modal Indonesia di Tengah Gejolak Kondisi Global’, di Gedung BEI, Sabtu (18/3/2017).


BEI dan OJK sangat konsen dalam melakukan ragam upaya untuk meningkatkan literasi masyarakat. Pasalnya, hal ini menjadi hambatan utama untuk menggenjot angka investor ritel dalam pasar modal. 

Hingga saat ini, partisipasi investor ritel hanya mencerminkan 0,39% dari total penduduk Indonesia. Indonesia masih tertinggal dengan Malaysia dan Singapura yang angka partisipasinya mencapai 20% - 30 %. 

"Kalau kita lihat bagaimana suatu market akan berkembang kalau peserta di market kurang banyak," tuturnya. 

Salah satu usaha yang dilakukan BEI untuk meningkatkan literasi adalah mendirikan Galeri Investasi BEI di berbagai universitas yang tersebar di Indonesia. 

Pada pekan ini, tepatnya pada Selasa 14 Maret, BEI kembali meresmikan Galeri Investasi BEI di Universitas Prasetiya Mulya yang merupakan kerjasama dengan PT Phillip Securities. Galeri Investasi BEI-Universitas Prasetiya Mulya merupakan Galeri Investasi BEI ke-11 yang diresmikan pada 2017 dan Galeri Investasi ke-251 di seluruh Indonesia.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini