Image

Pasar Modal diharapkan Jadi Tulang Punggung Perekonomian RI

Ulfa Arieza, Jurnalis · Sabtu 18 Maret 2017, 14:35 WIB
https img z okeinfo net content 2017 03 18 278 1646117 pasar modal diharapkan jadi tulang punggung perekonomian ri PRopGL4s2E jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pekan ini ditutup mencapai rekor tertingginya di level 5.540,43. Sejalan dengan penguatan IHSG, nilai kapitalisasi pasar Bursa Efek Indonesia (BEI) jelang akhir pekan ini juga ditutup di rekor tertingginya di Rp6.018,79 triliun.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida mengatakan, dengan adanya penguatan pada IHSG dan nilai kapitalisasi, pasar modal diharapkan dapat menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

Pasalnya, pemerintah tengah mendorong pembangunan infrastruktur, dengan artian, terdapat kebutuhan dana dalam jumlah besar. Nurhaida merinci kebutuhan dana pembangunan jangka menengah Indonesia tahun 2015 - 2019 menyentuh angka Rp50 triliun.

Dana ini akan dihimpun melalui dana APBN sebesar Rp30 triliun, dana APBD Rp11triliun, serta dana BUMN sebesar Rp22 triliun. Sedangkan sisanya, sebesar Rp37 triliun diharapkan berasal dari sumbangan sektor keuangan termasuk di dalamnya pasar modal.

"37% diharapakan dari sektor keuangan baik perbankan, asuransi dan tentunya pasar modal," terang Nurhaida dalam diskusi Mempertahankan Kinerja Pasar Modal Indonesia di Tengah Gejolak Kondisi Global, di Gedung BEI, Sabtu (18/3/2017).

Dengan demikian menurut Nurhaida peluang di pasar modal Indonesia masih terbuka lebar. Dirinya juga berharap peluang ini bisa dimanfaatkan oleh investor domestik.

"Untuk kita harapkan masyarakat bisa turut serta dalam pasar modal,"

Hingga saat ini, baik pihak PT Bursa Efek Indonesia (BEI) maupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK) masih terus konsisten dalam mendukung dan meningkatkan penetrasi pasar modal di masyarakat Indonesia melalui berbagai bentuk edukasi pasar modal membuahkan hasil. (kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini