Image

Setelah Berunding, OJK Tak Jadi Berikan Batas Minimum Fee Broker

Ulfa Arieza, Jurnalis · Sabtu 18 Maret 2017, 20:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 18 278 1646279 setelah-berunding-ojk-tak-jadi-berikan-batas-minimum-fee-broker-AbXg3j8Q86.jpg Foto: Dok Okezone.

JAKARTA - Setelah melakukan perundingan dengan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membatalkan aturan terkait pemberian batas minimal biaya transaksi atau fee broker.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nurhaida mengatakan, banyak broker yang saat ini memberi fee transaksi cukup rendah.

Sisi positifnya, biaya transaksi yang dihasilkan rendah, akan tetapi, tidak bisa meng-cover biaya operasional perusahaan efek.

"Kita tadinya ada maksud untuk mengatur fee broker. Inginnya diatur oleh OJK. Asosiasi perusahaan efek juga meminta OJK agar mengatur biaya umum fee transaksi. Tapi ketika kita coba diskusi dengan KPPU itu tidak boleh atur," ujar Nurhaida di Gedung BEI, Jakarta, Sabtu (18/3/2017).

Kendati tidak ada batas minimun yang diberlakukan, Nurhaida menyatakan pihaknya akan tetap mengawasi transaksi yang terjadi. Dirinya menghimbau bagi para broker menjalankan transaksi yang sehat di pasar modal.

"Jadi yang penting adalah dari asosiasi dan broker, kita harap punya pemahaman yang sama bahwa industri ini harus diawasi, dijaga baik, jangan sampai saling banting fee yang kemudian saling menjatuhkan, kemudian industri jadi tidak sehat. Kesimpulannya, tidak kita atur tetapi kita imbau agar semua melihat kenakan fee layak," pungkasnya.

(rhs)

  • TAG :
  • JK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini