Image

Sri Mulyani 'Tagih' Komitmen G20 Ciptakan Kestabilan Keuangan Global

Feby Novalius, Jurnalis · Minggu 19 Maret 2017, 17:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 19 20 1646689 sri-mulyani-tagih-komitmen-g20-ciptakan-kestabilan-keuangan-global-q1XWQnMEej.jpg (Foto: Ant)

JAKARTA - Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani Indrawati melontarkan pandangannya dalam pertemuan G20. Sri Mulyani mempertanyakan komitmen G20 dalam memelihara kerja sama global untuk menciptakan kestabilan keuangan global yang berlandaskan pada azas keadilan dan peraturan yang disepakati bersama untuk mencapai kesejahteraan bersama yang adil.

Dalam keterangan tertulis Kemenkeu, Minggu (19/3/2017), Sri Mulyani menyoroti hubungan perdagangan dan investasi antarnegara merupakan instrumen yang telah terbukti mampu memerangi kemiskinan dalam empat dekade terakhir.

Asia merupakan kawasan yang mendapat manfaat dari hubungan perdagangan dunia yang telah memacu bangkitnya ekonomi dan pengurangan kemiskinan dari Jepang, Korea Selatan, RRT, ASEAN dan India serta negara-negara di kawasan Asia Selatan.

Indonesia mengingatkan bahwa G20 harus mampu menjaga komitmen kerjasama tersebut untuk menghindari kebijakan-kebijakan yang hanya menguntungkan satu negara dan berakibat buruk bagi negara lain.

Tatanan dunia yang adil dan saling membantu untuk mencapai kesejahteraan bersama merupakan nilai dasar yang ditanamkan oleh pendiri Bangsa Indonesia yang harus kita perjuangkan dalam pertemuan dan pergaulan internasional.

Pandangan ini disambut positif oleh para Menteri Keuangan negara-negara G20 yang memberikan sokongannya mengenai perlunya penegasan komitmen kerjasama tersebut. Para Menteri Keuangan sepakat untuk memasukkan pernyataan mengenai perdagangan dunia.

Isu perdagangan internasional tersebut dibahas dalam diskusi mengenai perkembangan perekonomian global termasuk perekonomian Amerika Serikat. Para Menteri menyerukan agar kesepakatan sistim perdagangan internasional dapat terus didukung.

Lawatan G20 digelar di Baden-Baden, sebuah kota kecil yang indah di Negara bagian Baden-Württemberg di barat daya Jerman yang hanya berjarak 40 km dari Strasbourg Prancis, menjadi tempat bertemunya para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara-negara G20 tanggal 17-18 Maret 2017.

Pertemuan juga dihadiri oleh institusi internasional antara lain FSB, FATF, UN, ECB, IMF, World Bank, European Commission, African Development Bank, APEC, BIS, OECD, dan NEPAD.

Pertemuan G20 saat ini memiliki suasana agak berbeda karena merupakan pertemuan pertama kali setelah terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika Serikat, dan dimulainya proses keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Pertemuan ini juga terjadi di tengah tahun pemilihan umum di negara Perancis, Jerman, dan Belanda - dimana sentimen anti imigrasi, pengungsi dan politik populisme meningkat di negara-negara Eropa.

Pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 tersebut didahului dengan “High Level Symposium on Global Economic Governance in a Multipolar World” pada tanggal 17 Maret 2017, dihadiri oleh para Menteri dan tokoh ekonomi terkemuka dunia.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini