Image

Siap-Siap! Data Pajak Global Dibuka September 2017

Feby Novalius, Jurnalis · Minggu 19 Maret 2017, 17:35 WIB
https img z okeinfo net content 2017 03 19 20 1646707 siap siap data pajak global dibuka september 2017 aG8TDeTLMn jpg (Foto: News18)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah menghadiri pertemuan G20 di Jerman. Dalam pertemuan tersebut, disepakati implementasi kerjasama pertukaran informasi perpajakan otomatis atau Automatic Exchange of Information (AEOI) dan pelaksanaan prinsip prinsip penghindaran Base Erosion and Profit Shifting (BEPS) secara menyeluruh dan efektif pada September 2017.

Dalam keterangan tertulis Kemenkeu, Minggu (19/3/2017), para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 secara bulat menyepakati agar program AEOI dan BEPS sepenuhnya diimplementasi mulai bulan September 2017 dan selambat-lambatnya pada bulan September 2018.

Mantan Managing Direktur Bank Dunia ini melanjutkan, topik pada pertemuan G20 sangat penting bagi Indonesia, utamanya mengenai kerjasama perpajakan internasional. Sri Mulyani menegaskan Indonesia memerlukan kerja sama perpajakan internasional untuk mengatasi penghindaran pajak.

Dengan dilakukannya tax amnesty dapat ditunjukkan bahwa banyak wajib pajak Indonesia yang selama ini tidak mendeklarasikan aset dan pendapatan yang disimpan di luar negeri. Kerjasama pertukaran informasi penting bagi tercapainya aturan dan implementasi perpajakan yang adil antar negara. Tidak ada lagi tempat aman untuk para penghindar pajak di dunia.

Selain itu, Sri Mulyani juga mengingatkan kewajiban pajak atas perusahaan-perusahaan ekonomi digital. Kewajiban pajak “digital economy” harus adil dan bagian terbesarnya harus dinikmati oleh negara yang menjadi lokasi kegiatan transaksinya, bukan dimana perusahaan tersebut terdaftar.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini