Image

Sebelum Beli Rumah, Cari Tahu Dulu Syarat dan Prosedurnya!

Agregasi Senin 20 Maret 2017, 06:21 WIB
https img k okeinfo net content 2017 03 19 470 1646700 sebelum beli rumah cari tahu dulu syarat dan prosedurnya 9K0IMV5PCq jpg Ilustrasi : Shutterstock

JAKARTA - Menurut Undang-undang Pokok Agraria (UUPA), jual beli adalah proses yang dapat menjadi bukti adanya peralihan hak dari penjual kepada pembeli. Prinsip dasarnya adalah terang dan tunai, yaitu transaksi dilakukan di hadapan pejabat umum yang berwenang dan dibayarkan secara tunai. Ini artinya jika harga yang dibayarkan tidak lunas maka proses jual beli belum dapat dilakukan.

Dalam hal ini pejabat umum yang berwenang adalah PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) diangkat oleh kepala Badan Pertanahan Nasional RI. Kewenangannya untuk membuat akta-akta tertentu, seperti Akta Jual Beli, Tukar Menukar, Hibah, Pemberian Hak Bangunan atas Tanah Hak Milik, Pemberian Hak Tanggungan, Pemasukan ke dalam Perusahaan, Pembagian Hak Bersama dan Pemberian Hak Pakai atas Tanah Hak Milik.

Sebelum melakukan proses jual beli, penjual maupun pembeli harus memastikan bahwa tanah tersebut tidak sedang dalam sengketa atau tanggungan di Bank. Jika tanah tersebut sedang dalam permasalahan maka PPAT dapat menolak pembuatan Akta Jual Beli yang diajukan.

Baca selengkapnya: Syarat serta Prosedur Jual Beli Tanah dan Bangunan

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini