Image

Transaksi SBN Tembus Rp2000 Triliun di Pertengahan Maret

Dedy Afrianto, Jurnalis · Senin 20 Maret 2017, 15:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 20 20 1647333 transaksi-sbn-tembus-rp2000-triliun-di-pertengahan-maret-qOZhHKYYDD.jpg Ilustrasi Rupiah. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Surat Berharga Negara (SBN) adalah salah satu alternatif investasi yang mulai dilirik oleh investor. Bagi pemerintah, penerbitan SBN ini merupakan salah satu alternatif untuk pembiayaan pembangunan infrastruktur.

Deputi Gubernur BI Sugeng mengatakan, hingga pertengahan Maret ini, jumlah transaksi SBN telah mencapai Rp2.000 triliun. Adapun total transaksi telah mencapai 39 ribu transaksi pada penerbitan SBN.

"Tahun lalu ada 200 ribu transaksi (SBN) lalu secara nominal Rp7.500 triliun," tuturnya di Gedung BI, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Transaksi SBN ini diharapkan dapat terus meningkat. Untuk itu, Bank Indonesia (BI) dan PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) telah melakukan penandatanganan perjanjian penyelenggaraan kliring obligasi negara di pasar sekunder.  

"Terkait kliring obligasi di luar bursa penyelenggaraan dapat dilakukan seksama ada beberapa tujuan dapat memberikan informasi harga investor dan menjadikan mekanisme pembentukan harga transparan," ungkapnya.

BI bersama OJK, dan Kementerian Keuangan pun akan terus melakukan pembenahan untuk memberikan fasilitas bagi para investor. Dengan begitu, diharapkan nilai investasi melalui SBN dapat meningkat setiap tahunnya.

"BI menerbitkan pada Maret transaksi sertifikat deposito di pasar uang. Terbitnya ini memperkuat struktur pendanaan perbankan maupun efisiensi biaya dana dan meragamkan efisiensi likuiditas. Diharapkan efektivitas transmisi keuangan moneter untuk mendukung. BI menunjuk KSEI sebagai lembaga penyimpan dan penyelesaian sertifikat deposito dan instrumen pasar uang lain," ungkapnya.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini