Image

Batal Atur Fee Brokerage, Begini Alasan OJK

Agregasi Senin 20 Maret 2017, 15:53 WIB
https img z okeinfo net content 2017 03 20 278 1647355 batal atur fee brokerage begini alasan ojk YsuStlObTJ jpg Nurhaida (Foto: Okezone)

JAKARTA – Dalam rangka menciptakan daya saing yang sehat di industri pasar modal, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai perlu adanya aturan yang jelas atau batasan bagi fee brokerage atau pendapatan jasa perantara untuk industri pialang asuransi dan reasuransi. Pasalnya, selama ini fee untuk industri dinilai masih rendah.

”Fee transaksi dari broker sebetulnya dari kebutuhan industri harus ada batasan karena yang terjadi sekarang banyak broker yang beri fee transaksi cukup rendah. Ini sebetulnya cukup bagus. Karena biaya transaksi yang cukup rendah," kata Kepala Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Nurhaida di Jakarta.

Namun jika dilihat, jika fee diturunkan atau terlalu rendah maka tidak bisa mengcover biaya operasional perusahaan efek. Malah, tadinya, OJK ingin mengatur fee tersebut namun tidak disetujui oleh KPPU.

”Kita tadinya ada maksud untuk atur fee. Inginnya diatur oleh OJK. Asosiasi perusahaan efek juga meminta OJK agar mengatur biaya umum fee transaksi. Tapi pas kita coba diakusi dengan KPPU, itu enggak boleh atur fee transaksi," tuturnya.

Meskipun demikian, lanjutnya, OJK mencoba mengatakan juga kepada asosiasi, yakni jika boleh, ada kesepakatan di antara broker untuk adanya fee yang layak. Tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. "Dalam artian fee itu bisa digunakan, diperoleh broker untuk cover biaya operasional dan lainnya,"tandasnya.

(Rizkie Fauzian)

  • TAG :
  • JK

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini