Image

BI Segera Integrasikan Layanan ATM hingga E-Money

Dedy Afrianto, Jurnalis · Senin 20 Maret 2017, 14:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 20 320 1647218 bi-segera-integrasikan-layanan-atm-hingga-e-money-25u5Ptlg2C.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) berencana untuk menerbitkan peraturan terkait National Payment Gateway (NPG). Aturan ini rencananya akan diterbitkan bulan ini. Saat ini, aturan tersebut tengah dimatangkan.

"Pertama standard, ada lembaga standard. Karena di PBI (Peraturan Bank Indonesia) itu ada pengembangan standard. Kedua adalah switching, lembaga switchingnya. Kemudian Servicenya, sekarang di dalam tahap awal ini kita sudah beberapa hari lalu, mungkin sangat penting kita lihat dulu perkembangan terakhir yang skearang ada itu payment gateaway masih tersegmentasi," tutur Deputi Bank Indonesia Sugeng di Kantor Pusat BI, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Pada tahap awal untuk penerapan aturan ini, BI akan mengintegrasikan layanan ATM antar Bank. Selanjutnya, uang elektronik juga akan diintegrasikan pada Juni mendatang.

"Itu bertahap nanti, tahap awalnya adalah ATM debit, kemudian uang elektronik itu Juni. DI ruas jalan tol akan gunakan kartu elektronik. Jadi yang cash kita kurangi. Kita harapkan bisa berjalan, paling enggak di Jalan tol Cipali ya, mudik diharapkan bisa tap. Bisa dibaca, misalkan BCA, Mandiri, bisa baca semua , kalau sekarang kan sebagian," jelasnya

Program ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan efisiensi. Khususnya adalah bagi Bank milik Negara yang memang akan berada di bawah satu holding yang akan terbentuk.

"Sehingga mereka setllementnya, sebetulnya bisa selesaikan sendiri. Antar mereka itu tidak bisa, misalkan bank A anggota switching 1, tidak bisa bertransaksi dengan bank di bawah lembaga switching satunya, sehingga tidak efisien," jelasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini