Image

Freeport Kembali Produksi, Tapi Masih Ada Pegawai Dirumahkan

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 20 Maret 2017, 14:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 20 320 1647235 freeport-kembali-produksi-tapi-masih-ada-pegawai-dirumahkan-JGW6AkFOhE.jpg Ilustrasi: Reuters

JAKARTA - Dinas Provinsi Papua bidang Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut operasi Freeport Indonesia di tambang Grasberg sudah berjalan kembali. Tercatat, sekira 40% sudah berproduksi dari kapasitas yang ada.

"Jadi kalau operasi konsentrat juga berproduksi, kapasitasnya 40%. Jadi kapasitas itu kapasitas smelter di Gresik karena mereka belum mau ekspor kan. Karena konsentrat di sana (Papua) sudah numpuk dikirimlah ke Gresik," jelas Kepala Dinas ESDM Papua Bangun S Manurung di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Bangun menegaskan, karena produksi baru 40%, tentu saja dampaknya pada tenaga kerja utamanya kontraktor, karena sudah tidak ada lagi aktivitas pekerjaan yang dilakukan.

"Kalau untuk PHK pegawai Freeport langsung belum ada, tapi yang dari kontrak sudah ribuan orang yang berhenti. Pegawai Freeport asing maupun dalam negeri banyak dirumahkan, mereka masih status pegawai dan menerima gaji pokok belum kena PHK," ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan proses perundingan Kadis ESDM Papua dengan Freeport, Bangun mengatakan, selama ini tidak ada proses negosiasi. Semua negosiasi langsung dilakukan dengan pemerintah pusat.

"Tapi kami juga sudah minta ke pemerintah, Gubernur juga minta supaya nanti (negosiasi) melibatkan Pemerintah Daerah dan stakeholder penting di Papua karena ini dampak langsung pada masyarakat dan ekonomi di Papua, jadi diharapkan duduk bersama gitu," tandasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini