Image

Catat Baik-Baik! Cadangan Emas Freeport Tak Lagi Efisien di 2018

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 20 Maret 2017, 15:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 20 320 1647304 catat-baik-baik-cadangan-emas-freeport-tak-lagi-efisien-di-2018-f9SUXC0NVm.jpg Ilustrasi: Reuters

JAKARTA - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Papua mencatat, operasi tambang terbuka (open pit) di Grasberg tidak lagi efisien pada 2018. Dengan begitu, tidak ada lagi cadangan bijih yang bisa diperoleh dari operasi open pit.

"Bukan cadangan habis ya, tapi open pit sudah tidak efisien lagi kalau ditambang. Jadi berhenti dan konsentrasi Freeport di underground," tutur Kepala Dinas ESDM Papua Bangun S Manurung, di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Berdasarkan catatan Freeport, Bangun mengatakan, cadangan Freeport yang sudah ditambang sudah 1,7 miliar ton. Dengan yang masih tersisa sampai dengan 2041 adalah sekitar 2,1 miliar ton.

"Itu masih cadangan sementara yang belum habis di underground. Artinya meskipun 2041 dipenuhi masih ada cadangan sampai 2054. Kemudian siapa tahu juga ditemukan lagi. Seperti ada juga di Blok Wabu itu belum ditangani," tuturnya.

Terkait Blok Wabu, Bangun mengatakan, Wabu memiliki potensi yang besar untuk menambah jumlah cadangan pada tambang Grasberg. Namun hasilnya menunggu feasibilty study selesai dikerjakanam.

"Kan masalah enggak dikerjakan karena belum ketahuan keekonomiannya dari suatu tambang. Saat ini belum diketahui keekonomiannya, karena infrastruktur di sana, tapi kan belum berlanjut di pembangunan jalan. Nanti tergantung study kelayakannya," ujarnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini