Image

Indonesia Layak Peroleh Predikat Investment Grade dari S&P

Dedy Afrianto, Jurnalis · Senin 20 Maret 2017, 15:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 20 320 1647359 indonesia-layak-peroleh-predikat-investment-grade-dari-s-p-LOGvVu6eaM.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Lembaga pemeringkat Standard & Poor's (S&P) Rating Services hingga saat ini belum menaikkan peringkat Indonesia pada level layak investasi atau investment grade. Pada tahun lalu, rating utang Indonesia masih di level BB+ untuk surat utang jangka panjang dan B untuk surat utang jangka pendek.

Direktur Surat Utang Negara Kementerian Keuangan Loto Srinaita Ginting mengatakan, S&P hingga saat ini masih melihat keadaan ekonomi Indonesia secara menyeluruh. Termasuk di antaranya adalah pembangunan infrastruktur di Indonesia.

"Dia mau lihat progress pembangunan infrastruktur terakhir. Mudah-mudahan (pengurangan) subsidi juga di adress, salah satunya dia mau tahu implementasi pembangunan infrastruktur," tuturnya di Gedung BI, Jakarta, Senin (20/2/2017).

Saat ini, lanjutnya, investor pun meyakini bahwa Indonesia telah selayaknya memperoleh peringkat investment grade dari S&P. Hal ini pun menjadi topik pertanyaan investor ketika bertemu dengan pemerintah.

"Kalau mereka yang paling siap risiko kan investor, dia menilai saat ini kita dari sisi pembangunan konsistensinya dianggap negara yang punya reputasi yang baik. Jadi malah investor senang dengan perkembangan Indonesia," ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, Indonesia memang sudah seharusnya memperoleh predikat invesment grade dari S&P. Pasalnya, keadaan ekonomi dan politik Indonesia sudah sangat stabil untuk memperoleh predikat tersebut.

"Dia (investor) mungkin lihat progress indonesia lihat fitch and moodys, makanya dia tanyakan kenapa ini tertinggal S&P, mungkin ada fund-fund menghendaki investment grade untuk S&P, ada fund-fund ini bisa diinvestasikan di portofolio Indonesia. Jadi nanti kira tanyain lagi apa maunya (S&P)," tutupnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini