Image

Begini 5 Strategi KKP Revitalisasi Keramba Ikan

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 20 Maret 2017, 16:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 20 320 1647379 begini-5-strategi-kkp-revitalisasi-keramba-ikan-KYzUkezgH1.jpg Foto: Diskusi Budidaya Laut (Giri/Okezone)

JAKARTA - Ditjen Perikanan Budidaya akan fokus dalam upaya optimalisasi melalui program revitalisasi KJA. Dirjen Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto mengaku jika pihaknya memiliki strategi kongkrit untuk menyelesaikan permasalahan yang ada khususnya mengenai Revitalisasi KJA.

Menurutnya, setidaknya ada 5 strategi yang akan ditempuh nantinya. Yang pertama adalah dengan memfasilitasi aksesbilitas tehadap input produksi yang efisien.

"Peran fasilitasi bagi kemudahana akses input produksi seperti benih berkualitas dan pakan akan didorong melalui UPT Ditjen Budidaya," kata Slamet , di kantor Kementrian Perikanan dan Kelautan, Senin (20/3/2017)

Strategi yang kedua adalah dengan cara mendorong penguatan kelembagaan dan kemitraan usaha. Nantinya Ditjen PB juga akan memfasilitasi kemungkjnan kemitraan yang dapat dijalin antara kelompok pembudidaya dengan pihak swasta, BUMN maupun asosiasi pengusaha budidaya ikan laut seperti Himpunan Pembudidayaan Ikan Laut Indonesia (Hipilindo) dan Himpunan Pembudidaya Ikan Kerapu Indonesia (Hipkerindo), kemitraan ini penting untuk menjamin kemudahan akses terutama input produksi dan pasar.

Yang ketiga, akan fokus pada komoditas budidaya laut akan diarahkan untuk jenis ikan yang berbasis pasar.

"Komoditas budidaya laut akan diarahkan untuk jenis ikan yang berbasis pada keinginan dan trend pasar, sehingga mampu berdaya saing," kata Slamet

Yang keempat dengan pembangunan dan perbaikan sarana prasarana serta infrastruktur. Dan yang terakhir kelima menyediakan akses informasi teknologi.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini