Image

Cerita Bos BCA Life soal Perkembangan Bisnis Asuransi di RI

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Senin 20 Maret 2017, 18:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 20 320 1647548 cerita-bos-bca-life-soal-perkembangan-bisnis-asuransi-di-ri-M4O9ae2OMZ.jpg Foto CEO BCA Life Christine Setyabudhi

JAKARTA - Presiden Direktur dan CEO PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) Christine Setyabudhi memaparkan produk asuransi merupakan bisnis tradisional yang peningkatannya tidak signifikan, hanya menjual produk pelayanan perlindungan jiwa saja. Kecepatan perubahan asuransi pun tidak cepat dan cenderung lambat.

"Sejak 30 atau 40 tahun lalu bisnisnya tetap agency insurance. Sekarang ada insurance, telemarketing, insurance tecnology, sekarang masuk arah mikro dan lain-lain, sehingga kemudian dalam lima atau tiga tahun terakhir ini baru perkembangan di asuransi ini jauh berpuluh-puluh kali lipat lebih cepat dari pada 30 tahun terakhir. Sebetulnya sejak 20 tahun pertama itu agency aja tidak berubah. Baru setelah itu muncul bank insurance, kemudian dimasukkan lagi dalam marketing," ungkapnya di Kantor Okezone, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Menurutnya, setelah munculnya teknologi baru yang semakin berkembang yang terjadi di tiga tahun terakhir inilah yang membuat asuransi semakin dikenal oleh publik. Namun, sebelumnya diakui jika sama sekali tidak menarik. Sehingga ia pun yang membangun perusahaan BCA Life dari nol sempat merasakan bagaimana sulitnya mendapat kepercayaan dari nasabah.

"Menurut saya tidak akan mati agent insurance. Hanya saja ada supporting agent dengan kemajuan teknologi. Ini tentukan akan lebih memudahkan kita dalam mencari nasabah," jelasnya.

Sejauh ini, BCA Life masih identik dengan anak perusahaan BCA yang menangani asuransi jiwa. Hal ini dikatakan oleh Christine menjadi keuntungan tersendiri bagi pihaknya, setidaknya dengan membawa BCA masyarakat lebih percaya. Selain itu pihaknya juga tetap melakukan pelayanan yang baik bagi setiap nasabah.

"Artinya menempatkan financial advicer kita di cabang BCA. Telemarketing kita untuk nasabah BCA. Kita juga kerja sama dengan nasabahnya BCA. Jadi ada nasabah BCA bisa discount untuk asuransi di BCA Life," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini