Image

Survei Kerusakan Terumbu Karang Raja Ampat Terhambat Tingginya Ombak

Dedy Afrianto, Jurnalis · Senin 20 Maret 2017, 18:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 20 320 1647608 survei-kerusakan-terumbu-karang-raja-ampat-terhambat-tingginya-ombak-w3PEMAlFYa.jpg Foto: Kementerian LHK

JAKARTA - Terumbu karang di Raja Ampat mengalami sejumlah kerusakan. Hal ini diawali dari masuknya sebuah kapal pesiar, MV Caledonian Sky yang memiliki bobot 4200 GT pada 3 Maret 2017.

Pemerintah pun mengirim tim khusus untuk melakukan penelitian terhadap kerusakan terumbu karang. Saat ini, survei telah dilakukan seluas 22.060 meter persegi.

"Pemerintah sudah mensepakati dengan pihak asuransi untuk luas wilayah survei, yaitu 22.060 meter persegi. Rata-rata kedalaman 3 sampai 6 meter," kata Deputi 1 Bidang Kedaulatan Maritim Kemenko Kemaritiman Arif Havas Oegroseno, di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Sumber Daya, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Hanya saja, proses penelitian masih menemui kendala. Menurutnya, tingginya ombak masih menghambat penelitian yang dilakukan oleh tim khusus. Tercatat, dari 9 bidang penelitian, 2 di antaranya belum diselesaikan karena kendala tingginya ombak. Penelitian pun akan dilanjutkan esok hari.

"Nanti setelah selesai, kita akan melakukan verifikasi luas wilayah kerusakan. Jadi itu next stepnya. Pada tahap yang sama, turun juga tim penegakan hukum dari LHK, melakukan investigasi masalah yang sama," ungkapnya.

Nantinya, penelitian akan dilanjutkan dengan melihat dampak kerugian sosial dan ekonomi. Kerjasama pun dilakukan dengan IPB dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Jadi dibagi penilaiannya dalam asesment terumbu karang. Sistemnya adalah photography. Kita lakukan penilaian kerusakan. Dalam waktu yang sama juga kita ambil sample," ungkapnya.

Seperti diketahui, Setelah mengelilingi pulau untuk mengamati keanekaragaman burung serta menikmati pementasan seni, para penumpang kembali ke kapal pada siang hari 4 Maret 2017.

Kapal pesiar itu kemudian melanjutkan perjalanan ke Bitung pada pukul 12.41 WIT. Di tengah perjalanan menuju Bitung, MV Caledonian Sky kandas di atas sekumpulan terumbu karang di Raja Ampat.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini