Image

Pemerintah Cari Bukti Pidana Kapal Perusak Terumbu Karang Raja Ampat

Dedy Afrianto, Jurnalis · Senin 20 Maret 2017, 19:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 20 320 1647615 pemerintah-cari-bukti-pidana-kapal-perusak-terumbu-karang-raja-ampat-eSEfLUNa77.jpg Foto: Kementerian LHK

JAKARTA - Pemerintah telah mengirimkan tim khusus untuk mengidentifikasi kerusakan karang akibat ditabrak kapal pesiar di Raja Ampat. Saat ini, tim khusus tersebut tengah bekerja di Raja Ampat dengan melakukan penyelaman.

Deputi 1 Bidang Kedaulatan Maritim Kemenko Kemaritiman Arif Havas Oegroseno mengatakan, saat ini mencari bukti adanya pelangaran tindak pidana atas kasus perusakan terumbu karang tersebut. Pekan ini, pemerintah pun akan terjun langsung ke lokasi.

"(Lalu nanti rehabilitasi) next step, itu paket dari tuntutan kita. Valuasi itu headingnya production," ungkapnya di Kantor Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Saat ini, proses penelitian masih terus dilakukan. Lokasi kerusakan terumbu karang pun masih tertutup untuk umum.

"Artinya kan kita lihat regulasi yang ada," ungkapnya.

Seperti diketahui, setelah mengelilingi pulau untuk mengamati keanekaragaman burung serta menikmati pementasan seni, para penumpang kembali ke kapal pada siang hari 4 Maret 2017.

Kapal pesiar itu kemudian melanjutkan perjalanan ke Bitung pada pukul 12.41 WIT. Di tengah perjalanan menuju Bitung, MV Caledonian Sky kandas di atas sekumpulan terumbu karang di Raja Ampat.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini