Image

Begini Cara Kemenperin Dorong Pertumbuhan Industri RI

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Senin 20 Maret 2017, 21:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 20 320 1647718 begini-cara-kemenperin-dorong-pertumbuhan-industri-ri-T8a039L4dq.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus melakukan upaya untuk mendorong pertumbuhan industri di Indonesia. Salah satunya adalah dengan sektor pertambangan yang merupakan salah satu motor penggerak untuk mendorong pertumbuhan industri.

"Kalau pertambangan, kan kita sudah katakan, kalau industri itu ada berbasis pertambangan, di mana pertambangan itu ada metal dan non metal. Kalau non metal itu termasuk keramik, kaca, dan sebagainya. Kedua berbasis agro, seperti tanaman, kebun, hutan tanaman industri," ungkapnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Menurutnya, untuk industri yang berbasis agro bahan bakunya bisa dari pertanian, bisa dari minyak dan gas. Industri membaginya kepada agro, kimia, petrochemical dan logam.

"Jadi itu industri induknya di sana. Tapi industri ini kan padat modal. Nilai tambahnya dari hulu sampai hilir," jelasnya.

Selain itu untuk mendukung pertumbuhan industri juga melalui mengembangkan industi kecil. Sehingga tenaga kerja juga akan banyak yang terserap dalam pengembangan industri.

"Kalau industri agro, logam maupun yang berbasis petrokimia, dalam tiga tahun ke depan tambahan tenaga kerja yang bisa diserap seandainya programnya berjalan semua kira-kira 500 ribu," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini