Image

Cat Oke untuk Material Baja di Rumah, Begini Rupanya!

Agregasi Senin 20 Maret 2017, 17:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 20 470 1647368 cat-oke-untuk-material-baja-di-rumah-begini-rupanya-gR5pvOU0cI.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Bagi hunian, cat memang memainkan peran penting. Bayangkan kalau sebuah hunian tanpa warna. Enggak banget kan?

Sebagai bahan dekorasi, cat bisa menghadirkan keindahan kalau kamu pintar memadukannya, sehingga memunculkan keselarasan di ruangan rumahmu.

Cat juga merupakan sarana yang bisa menggambarkan kepribadian si pemilik rumah. Secara teknis, cat bisa melindungi material bangunan dari serangan karat dan pengaruh perubahan cuaca.

Nah, gimana kalau hunianmu menggunakan unsur baja? Bisakah menggunakan cat warna-warni juga? Tentu saja! Saat ini banyak tersedia di pasaran jenis cat yang biasa digunakan untuk baja.

Pertama. Jenis cat antikarat primer (dasar). Fungsi utama cat baja jenis ini adalah mencegah atau menghambat proses korosi atau pengaratan permukaan baja.

Cat antikarat ini biasanya tidak disarankan untuk digunakan langsung di ruang terbuka, kecuali jika mengandung unsur seng.

(Baca juga: Ini Alasan Kamu Sebaiknya Pakai Baja Ringan)

Penggunaannya biasanya diikuti oleh cat pelapis perantara (intermediate) atau pelapis atas (top coat). Warna cat jenis ini terbatas dan disesuaikan dengan pigmen yang terdapat dalam cat tersebut. Biasanya kuning, oranye, abu-abu, merah, atau putih.

Cat antikarat yang mengandung banyak unsur seng dinilai lebih tahan lama dibanding cat primer lainnya. Cat ini bisa diterapkan di lingkungan normal tanpa memerlukan top coat. Akan tetapi, jika diaplikasikan pada lingkungan basa atau mengandung bahan kimia asam, cat ini tetap harus dilapisi top coat.

Kedua. Cat pelapis perantara. Cat jenis ini bisa berfungsi untuk mengatasi ketidaksempurnaan polesan cat primer pada baja. Seringkali pemolesan cat pada baja meninggalkan lubang-lubang kecil di bagian-bagian tertentu. Ini yang disebut pin hole atau missed spot.

Lubang tersebut bisa ditambal dengan cat perantara ini. Fungsi lain cat perantara yaitu memberikan peralihan warna dari cat primer ke top coat agar tak menghasilkan efek bayangan pada lapisan top coat.

Sedangkan top coat berfungsi untuk melindungi lapisan cat di bawahnya dan menghadirkan warna yang diinginkan.

Ketiga. Ada juga jenis cat yang berfungsi untuk merawat logam (metal treatment). Cat dalam kelompok ini biasanya disebut sebagai cat dasar atau wash primer.

Biasanya cat ini dipoleskan dengan ketebalan minimal sekitar 15 mikron. Cat ini banyak digunakan untuk melapis baja galvanis agar daya rekatnya lebih baik saat dipoles dengan cat selanjutnya. Tapi cat ini bukan merupakan pengganti fungsi cat dasar loh.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini