Image

BEI Akan Mudahkan Perusahaan Daftar Go Public di Daerah

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Selasa 21 Maret 2017, 08:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 21 278 1647902 bei-akan-mudahkan-perusahaan-daftar-go-public-di-daerah-Il8Vwtf7cB.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

MEDAN – Direktur Utama Bursa Efek Indonesia, Tito Sulistio, menegaskan dalam waktu dekat, proses pendaftaran perusahaan yang ingin Go-Public, dapat dilakukan di daerah. Untuk tahap awal, empat daerah di luar Jakarta sedang disiapkan untuk layanan input dokumen go-publik tersebut, yakni Bandung, Surabaya, Semarang dan Medan.

“Dalam waktu dekat, ini kita masih follow up ke OJK untuk realisasinya. Nanti kantor-kantor perwakilan Go-Publik kita di empat daerah itu akan dilengkapi dengan mekanisme visualisasi, sehingga untuk verifikasi tidak perlu ke Jakarta,”jelas Tito di Medan, Selasa (21/3/2017).

“Perusahaan di daerah sekarang bingung kalau mo go-public. Mau ke Jakarta, masuknya kayak pentagon. Mau ke OJK juga susah. Nah itu makanya kita buka informasi go-publik di daerah,”tambahnya.

Kemudahan mendaftarkan perusahaan go-publik ini kata Tito, dilakukan agar lebih merangsang perusahaan-perusahaan yang ada di daerah, untuk menjadi bagian dari bursa. Tahun ini sendiri, BEI menargetkan ada 30 perusahaan baru yang bergabung.

“Saat ini kita sudah punya 535 perusahaan go-publik. Namun potensi yang kita miliki sebenarnya masih besar sekali. Tahun ini kita targetkan 30 perusahaan yang melantai di bursa. Saat ini sudah ada 15 perusahaan yang mendaftar, dimana 9 diantaranya merupakan anak perusahaan BUMN. Kalau saya tidak salah ada satu perusahaan dari Medan,”jelas Tito.

Pertumbuhan perusahaan yang melantai di bursa, kata Tito, saat ini sangat baik. Jumlahnya tumbuh antara 6-9 persen dalam lima tahun terakhir. “Kita masih lebih baik dari Malaysia dan Singapura yang justru sudah minus. Maka dari itu kita genjot terus agar jumlahnya makin banyak,”tutup Tito.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini