Image

4 Emiten Berpotensi 'Ditendang' BEI di Pertengahan Tahun

Ulfa Arieza, Jurnalis · Selasa 21 Maret 2017, 12:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 21 278 1648085 4-emiten-berpotensi-ditendang-bei-di-pertengahan-tahun-xEtdnniYRU.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA -  PT Bursa Efek Indonesia (BEI) telah mengambil tindakan terhadap emiten bermasalah yang terdaftar dalam pasar modal Indonesia. Pada pertengahan tahun ini terdapat tiga sampai empat perusahaan yang berpotensi untuk dihapuskan dari pencatatan atau delisting.

Pasalnya, tiga hingga empat perusahaan tersebut tidak juga memberikan laporan keuangan. Padahal pihak BEI sudah memberikan waktu dua tahun agar emiten menyerahkan laporan keuangan.

"Potensi delisting yang memenuhi kriteria 2 tahun saja itu 3 hingga 4 perusahaan. Ada beberapa yang dua tahunnya nanti harus dipenuhi pada pertengahan tahun 2017," ujar Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat  di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Keputusan delisting emiten, lanjut Samsul didasarkan atas pertimbangan BEI pada itikad baik perusahaan untuk memberikan laporan keuangan. Sedangkan bagi perusahaan yang tidak berkeinginan memenuhi ketentuan di pasar modal maka akan ada mekanisme force delisting.

"Secara waktu bursa kan ada waktu dua tahun mempertimbangkan mereka didelisting atau tidak dari bursa," tambah Samsul.

Sementara itu menurut Samsul, sebagian besar emiten yang berpotensi delesting adalah emiten yang sedang mengalami kendala operasional utamanya masalah keuangan. Sehingga ekuitas perusahaan pun dalam posisi negatif. Dengan demikian dirinya juga mengimbau para investor untuk lebih berhati-hati dalam berinvestasi.

"Kalau kita sebagai perusahaan kemudian modalnya sudah negatif masih ada harganya tidak? Nah itu salah satu yang perlu kita sampaikan kepada masyarakat bahwa perlu diperhatikan untuk memutuskan sebelum berinvestasi, " pungkas dia.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini