Image

WOW! 27 Saham Menghilang Sementara di Pasar Modal

Ulfa Arieza, Jurnalis · Selasa 21 Maret 2017, 13:50 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 21 278 1648144 wow-27-saham-menghilang-sementara-di-pasar-modal-l1rIAx54cC.jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia mencatat saat ini sebanyak 27 emiten telah dikenai sanksi suspensi atau pemberhentian perdagangan sementara.

Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) Samsul Hidayat mengatakan, keputusan suspensi tersebut diambil berdasarkan pertimbangan fluktuasi nilai transaksi yang terlalu tinggi. Beberapa di antaranya juga tersangkut permasalahn going concern perusahaan.

"Ada juga yang tidak mampu memenuhi kewajiban keterbukaan perusahaan terhadap investor publik. Itulah kriteria yang menyebabkan suspensi," ujar Samsul di Gedung BEI, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Kendati demikian, Samsul mengatakan pihaknya akan mencabut beberapa suspensi perusahaan pada tahun ini.

Sedangkan untuk nama-nama emiten yang akan diaktifkan kembali, masih belum dapat disebutkan kepada publik.

"Banyak juga yang dilepas suspensinya, bisa saja nanti yang sedang menuju ketentuan. Kita lihat ada beberapa yang memenuhi di buka, kalau tidak memenuhi kriteria tidak di buka," tukas dia.

Sekadar informasi, emiten yang melakukan transaksi tidak wajar akan masuk dalam kategori unsual market activity (UMA).

Setelah masuk dalam kategori UMA apabila tidak juga muncul etikat baik dari emiten untuk melakukan perbaikan maka akan dilakukan suspensi atau pemberhentian perdagangan sementara.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini