Image

Go Jek Cs Diminta Tetapkan Tarifnya Sesuai Aturan

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 21 Maret 2017, 11:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 21 320 1648027 go-jek-cs-diminta-tetapkan-tarifnya-sesuai-aturan-kbX9Y1xzJe.jpg Ilustrasi (Foto: Situs Gojek)

JAKARTA - Ada 11 point dalam revisi dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. Salah satunya penetapan tarif pada pelayanan jasa transportasi berbasis aplikasi alias taksi online.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Elly Andriani Sinaga mengatakan, tarif taksi online nantinya memiliki batas bawah dan atas. Polanya seperti yang diterapkan pada taksi konvensional, di mana perusahaan taksi online bisa menetapkan harga pada range tersebut.

"Jadi sepanjang (ditetapkan) dalam range gak masalah. Penetapan tarif batas bawah dan atas ini sebenarnya juga tidak ada masalah," tuturnya, di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Meski polanya sama dengan taksi konvensional, Elly mengatakan, formulasi tarif pada taksi online sedang kaji ulang.

"Nanti ada biaya operasi kendaraan margin keuntungan, terus kan nanti dia sifatnya range ada batas bawah dan atas. Nah itu di-review lagi, mungkin ada biaya-biaya yang bisa dikurangi," ujarnya.

Sekedar informasi, salah satu layanan transportasi online, Grab Indonesia menyatakan penolakan diberlakukannya revisi dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 32 Tahun 2016 tentang Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. Dari 11 point revisi, Grab menyatakan keberatan untuk 3 point. Pertama terkait batas tarif angkutan sewa khusus, kedua, kuota jumlah angkutan sewa khusus kendaraan dan kewajiban STNK berbadan hukum.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini