Image

Berapa Harga Tiket LRT Palembang? KAI: Minimum Rp5.000

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 21 Maret 2017, 12:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 21 320 1648032 berapa-harga-tiket-lrt-palembang-kai-minimum-rp5-000-dO4g6yuvDf.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

PALEMBANG – PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) memastikan April 2018 gerbong light rail transit (LRT) tiba di Palembang.


Kereta listrik dengan rute Bandara SMB II-Jakabaring diprediksi bertarif minimum Rp5.000. Hal ini diungkapkan Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro usai bertemu dengan Gubernur Sumsel Alex Noedin, di Griya Agung, kemarin.

Dia mengatakan, pihaknya masih fokus pada pembuatan LRT, untuk tarif akan dibahas lebih lanjut. Pembuatan LRT Palembang dilakukan oleh PT INKA di Jawa.

“Masih pembuatan, April diusahakan tiba di Palembang, dua set train. Untuk keseluruhan, LRTdi Palembang delapan set train,” ujarnya.

Penetapan tarif akan di tentukan berdasarkan pem bahasan bersama dengan pemerintah daerah. Di tambahkannya, LRT akan masuk kate gori angkutan perintis, yakni angkutan yang pertama dan khusus ditempatkan di rute yang baru dibuka oleh pemerintah. Karena itu, tarif angkutan akan disubsidi oleh pemerintah, yakni Kementerian Perhubungan.

“Willing to pay-nya saja Rp5.000. Itu paling rendah yah, jadi bisa saja tarifnya antara Rp5.000-10.000 nanti dalam satu kali keberangkatan,” sambung dia.

Dia memastikan akan dilakukan pembahasan khusus mengenai tarif LRT di Kementerian Perhubungan. Hal itu dilakukan guna mengukur tingkat kebutuhan, kemampuan dan operasional LRT, termasuk berapa lama subsidi pembelian LRT akan ditetapkan pemerintah.

“Nanti akan dibahas, berapa subsidi dan berapa yang dibebankan pada pemerintah. Pastinya, lebih murah dari angkutan konvensional atau angkutan lain yang serute dengan LRT,” katanya.

LRT Palembang dikenal sebagai kereta dengan transmisi listrik yang berada di rel kereta. Teknologi kereta ini meru pakan teknologi pertama pada kereta angkutan penumpang.

Untuk satu set train LRT berkapasitas 534 penumpang. Setiap satu set trainakan terdiri dari tiga gerbong. Dikatakan dia, berdasarkan hasil pertemuan bersama dengan Gubernur Sumsel, di sepakati jika interior kereta akan berwarna biru, sementara pa da bagian depan lebih dibuat sederhana agar memperlihatkan kesan modern. Untuk tiket juga diupayakan modern yakni e-tiket.

“Untuk tahap pertama, dua set train dulu, baru pada Juni 2018 enam set sampai, hingga jumlahnya delapan set. Investasi keretanya mencapai Rp380 miliar untuk delapan set train,” ujarnya.

Dalam pertemuan itu juga diketahui, belum ada rencana penambahan set train setelah Asian Games. Setiap selang kereta nantinya akan ada waktu khusus yang diatur berdasarkan waktu selang kereta per stasiun.

“Depo juga sudah dipersiapkan,” pungkasnya. Ditambahkan Kadis PerhubunganSumsel, NasrunUmar, untuk pembahasan tiket LRT akan ada sesi khusus. Pada saat ini, PT KAI masih mengoordinasikan pilihan warna termasuk desain untuk ditampilkan pada LRT Palembang ini. Ada beberapa desain yang ditawarkan dan dibahas bersama Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

“Tadi pak gubernur menyarankan agar bentuk bagian kepala kereta lebih panjang (moncong) agar nampak tidak seperti bis. Sekaligus pen dingin ruangan yang perlu diperhatikan. April mendatang dua set keretanya tiba. Untuk tarif nanti disesuaikan dengan perhitungan angkutan di daerah,” ungkapnya.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini