Image

Paket Kebijakan XV Sasar Biaya Logistik yang Tinggi

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 21 Maret 2017, 12:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 21 320 1648065 paket-kebijakan-xv-sasar-biaya-logistik-yang-tinggi-iugcm6on0a.jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA - Pemerintah tengah menyiapkan paket kebijakan jilid XV. Pada paket kebijakan ini, pemerintah melalui Kementerian Koordinator bidang Perekonomian akan fokus pada sektor logistik.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, paket kebijakan tersebut kini tengah dimatangkan pada lintas kementerian. Nantinya, pada paket kebijakan ini pemerintah akan berupaya untuk mengurangi biaya logistik.

"Biaya logisitik di Indonesia masih tinggi, di pelabuhan kita masih belum optimal percepat itu. Kita lakukan koordinasi di Kemenhub, Kemendag, Kemenkeu dan lain-lain, agar dengan paket ini bisa cepat kurangi biaya logistik. Ini tentu jadi biaya ekonomi cukup tinggi. Itu makanya kita pilih paket berikutnya terkait dengan logistik," tuturnya di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Hanya saja, belum diketahui kapan paket kebijakan ini akan diterbitkan dan diimplementasikan. Pasalnya, masih terdapat beberapa Peraturan Presiden dan Peraturan Menteri yang nantinya harus diterbitkan.

"Bukan hal mudah. Tapi kita yakini ini akan turunkan, berapanya tentu
tergantung paketnya," jelasnya.

Diharapkan, paket kebijakan ini nantinya dapat meningkatkan daya saing Indonesia. Dengan begitu, ekonomi Indonesia diharapkan dapat tumbuh secara merata sesuai target yang diusung pemerintah.

"Target jelas kita inginkan turun biaya logistik yang masih tinggi dibandingkan kawasan. Besarnya tergantung paketnya apa saja yang akhirnya bisa kita terbitkan, tentu kita ingin secepat mungkin turunkan biaya logisitk ini," tutupnya.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini