Image

Ternyata Negara Maju Juga Butuh Swasta untuk Infrastruktur

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 21 Maret 2017, 12:32 WIB
https img o okeinfo net content 2017 03 21 320 1648068 ternyata negara maju juga butuh swasta untuk infrastruktur CqMA4XfExR jpg Foto: Dedy/Okezone

JAKARTA - Pemerintah tengah mempercepat pembangunan infrastruktur di berbagai daerah. Pembangunan ini tentunya membutuhkan anggaran yang sangat besar.

Pemerintah pun menggandeng pihak swasta dalam pembangunan infrastruktur ini. Beberapa skema telah disiapkan untuk mengatasi gap kebutuhan investasi. Salah satunya adalah skema Public Privat Partnership (PPP) atau Pembiayaan Investasi Non Anggaran Pemerintah (PINA).

"Pemerintah sendiri sudah merelokasi subsidi. BBM mayoritas lari ke infrastruktur," kata Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Lukita Dinarsyah Tuwo di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Selasa (20/3/2017).

Lukita menambahkan, kebijakan pemerintah untuk menggandeng pihak swasta ternyata juga telah dilakukan oleh negara maju lainnya. Hal inilah yang akan terus dilakukan oleh Indonesia pada berbagai proyek menguntungkan seperti pembangunan jalan tol hingga proyek lainnya.

"Kita sudah berhasil menyediakan dari sisi kelembagaan ada PII, SMI, LMAN, dari sisi skema kita punya VGF (Viability Gap Fun). Lalu dari sisi institusi lagi ada KPPIP, jadi
kalau ada permasalahan soal infrastuktur, memang bisa selesaikan isu-isu dalam pembangunan infrastruktur," ungkapnya.

Indonesia pun akan membangun bank infrastruktur untuk mendukung pembangunan infrastruktur. Hanya saja, rencana ini masih dalam tahap kajian oleh pemerintah.

"Tapi kita juga bisa dorong pembiayaan dalam bentuk lain seperti penerbitan obligasi yang sifatnya jangka panjang termasuk PINA, memanfaatkan dana jangka panjang di asuransi, dana pensiun. Itu adalah salah satu opsi yang bisa digunakan, termasuk dana haji, dalam bentuk sukuk. Jadi tidak selalu harus jadi bank infrastruktur, tapi itu opsi yang bisa kita kaji lebih jauh," tutupnya.

(kmj)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini