Image

Cerita ADB soal Pentingnya Pembangunan Infrastruktur di Suatu Negara

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 21 Maret 2017, 14:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 21 320 1648162 cerita-adb-soal-pentingnya-pembangunan-infrastuktur-di-suatu-negara-0GJMyO10Qb.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Pembangunan infrastuktur tengah gencar dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Tak hanya Indonesia, negara lainnya pun juga tengah gencar melakukan pembangunan infrastruktur pada berbagai sektor.

Asian Development Bank (ADB) pun mendukung pembangunan infrastruktur ini. Vice President Asian Development Bank (ADB) Bambang Susantono mengatakan, pembangunan ini penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada berbagai negara. Pembangunan pun harus terus dilakukan oleh berbagai negara anggota ADB.

"Infrastruktur itu penting bukan hanya untuk pertumbuhan ekonomi tapi untuk kebutuhan dasar, kondisi sosial, kebutuhan sehari-hari. Infrastruktur untuk kebutuhan sehari-hari itu misalnya sanitasi, air bersih. Infrastruktur sosial itu misalnya untuk kesehatan, pendidikan. Semua itu penting . Bagaimana kita bisa memilih dan memprioritaskan dengan kondisi lokal, itu yang kita harapkan kapasitas itu dimiliki oleh anggota ADB," tuturnya kepada awak media di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Diharapkan, dengan pembangunan infrastruktur masalah kesenjangan hingga masalah pangan dapat teratasi. Untuk itu, ADB pun siap menggelontorkan dana pinjaman yang perlu dilihat sebagai dana bantuan untuk pembangunan.

"ADB itu dipunyai oleh 67 negara. Dipunyai ya, 48 negara di Asia Pasifik. Indonsia itu salah satu pemilik ADB. Bahkan salah satu pemilik terbesar ditinjau dari kondisi saham," jelasnya.

Pihak swasta pun diharapkan dapat turut membantu pembangunan infrastruktur. Dengan begitu, pembangunan infrastruktur pada setiap negara dapat terlaksana sehingga angka kemiskinan dan masalah ekonomi lainnya dapat secara perlahan diselesaikan.

"Jangan lupa bahwa semua negara ini butuh. Enggak cuma negara-negara Asia Tenggara, tapi juga di Asia Pasifik. Di Asia Barat misalnya, punya keinginan untuk bangun infrastruktur . Di tengah suasana itu, gimana kita gunakan uang-uang seperti ADB, untuk memiliki daya leverage," tutupnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini