Image

RUU Tembakau, Pemerintah Masih Lobi DPR

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 21 Maret 2017, 16:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 21 320 1648318 ruu-tembakau-pemerintah-masih-lobi-dpr-BaO988uU33.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI didesak segera mengesahkan Rancangan Undang-Undang Pertembakauan (RUU Tembakau) yang telah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) sejak tahun lalu.

Hanya saja, RUU ini tak kunjung disahkan karena masih menuai polemik dan kental akan kepentingan. Pemerintah telah mengutus tim untuk membahas mengenai hal ini bersama DPR RI.

Menurut Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, pemerintah pun telah melakukan lobi terkait RUU ini kepada DPR RI.

"Kita menyampaikan, melobi, bicara. Ya kita membicarakan bagaimana prosesnya. Tembakau itu bagus tidak untuk kesehatan," jelasnya di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Sementara itu, Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly mengatakan bahwa pemerintah telah mengirimkan surat presiden (surpres). Surat ini akan berisi keputusan pemerintah tentang RUU tersebut.

"Ini kan ada perspektif kesehatan, pertanian, kemenkeu, dan lain-lain. Ini harus kita lihat semua, secara baik dan komprehensif. Enggak boleh sepotong-potong. Kita juga harus berpikir soal petani tembakau, industri tembakaunya. Ini semua harus dilihat supaya pendekatannya komprehensif," jelasnya.

Pembahasan lebih lanjut pun akan dilakukan oleh pemerintah bersama Badan Legislasi. Diharapkan, keputusan terhadap RUU ini tidak akan merugikan masyarakat kecil.

"Sementara ini kan kita masih mungkin kita melakukan memakai peraturan di bawah UU, seperti PP, untuk menolong itu semua, petani, mengontrol kesehatan rakyat," tutup Yasonna.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini