Image

Begini Spesifikasi Cangkul Made in RI yang Bakal Libas Produk Impor

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Selasa 21 Maret 2017, 17:02 WIB
https img z okeinfo net content 2017 03 21 320 1648381 begini spesifikasi cangkul made in ri yang bakal libas produk impor cDx9UuNdll jpg Foto Penjelasan soal Cangkul di Kemenperin (Lidya/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memaparkan minggu depan atau dua minggu lagi akan melakukan sosialisasi produk cangkul baru yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Sosialisasi akan dilakukan ke Usaha Kecil dan Menengah (UKM) agar mengetahui seperti apa cangkul terbaru yang sesuai standar.

Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan, cangkul yang diproduksi oleh PT Krakarau Steel sudah 75% jadi, setelah itu diserahkan kepada PT Boma Bisma Indra untuk dilakukan heat dan treatment dan dipelajari lebih lanjut. Dari BBI lah nanti PT PPI dan PT Sarinah menyerahkan kepada IKM maupun industri besar.

"Nanti dari BBI diembos, lambangnya kuda. Nanti ini yang diberikan pada IKM. IKM nanti mempercantik, ditajamkan, dipasang gagang," ungkapnya di Kantor Kemenperin, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Selain itu, dirinya juga menjelaskan, tebal cangkul baru juga berbeda dengan tebal cangkul sebelumnya. Cangkul yang baru memiliki ketebalan 2,1 milimeter (mm) yang akan disosialisasikan sesegera mungkin.

"Tebal cangkul 2,1 mm. Contoh cangkul akan dikirim BBI ke PPI untuk disosialisasikan. Minggu depan akan dilakukan sosialisasi para IKM. Supaya IKM tahu seperti apa spek dan bentuk cangkul 75% ini," tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini