Image

Tak Boleh Mahal, Harga Cangkul di Tingkat Petani Harus Rp39.000!

Lidya Julita Sembiring, Jurnalis · Selasa 21 Maret 2017, 18:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 21 320 1648528 tak-boleh-mahal-harga-cangkul-di-tingkat-petani-harus-rp39-000-L3oO701Igw.jpg

JAKARTA - Kementerian Perindustrian bertekad memacu produktivitas industri kecil dan menengah (IKM) sektor perkakas pertanian non-mekanik agar mampu memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri yang mencapai tiga juta unit per tahun. Untuk merealisasikannya diperlukan langkah nyata yang sinergis dengan pemangku kepentingan supaya tepat sasaran.

“Untuk itu, kami melakukan rapat evaluasi dan tindak lanjut setelah penandatanganan Nota Kesepahaman mengenai Pemenuhan Kebutuhan Bahan Baku Untuk Pembuatan Alat Perkakas Pertanian Non Mekanik, beberapa waktu lalu. Serta pada 2 Februari lalu juga kita sudah menetapkan harga cangkul ditingkat petani Rp39.000 per unit,” ungkap Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih di Kantor Kemenperin, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PPI Agus Andiyani menyampaikan, pihaknya bersama PT Sarinah siap mendistribusikan produk yang telah dipabrikasi oleh PT BBI ke seluruh wilayah di Indonesia sesuai cakupannya.

“Kita siapkan ke seluruh wilayah. Kita juga akan memperhatikan, pertama, harga cangkul ini tidak boleh mahal di petani (Rp39.000 ditetapkan Dirjen IKM) dan yang kedua dapat menumbuhkan IKM juga,” ujar Agus.

Agus juga mengungkapkan, dalam proses pendistribusian dan penjualan tidak begitu terkendala signifikan dengan adanya biaya logisitik karena bisa dikolaborasikan dengan barang-barang lain yang dimiliki oleh PPI.

“Rencananya kami membuat stock point di beberapa daerah seperti di Jawa Timur dan Jawa Tengah untuk memenuhi kebutuhan,” tukasnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini