Image

Realisasikan Kereta Cepat, Menteri BUMN Tunggu RTRW

Dedy Afrianto, Jurnalis · Selasa 21 Maret 2017, 19:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 21 320 1648575 realisasikan-kereta-cepat-menteri-bumn-tunggu-rtrw-JQUpHwgoQv.jpg Menteri BUMN Rini Soemarno

JAKARTA - Pemerintah tengah menunggu Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Nasional untuk melanjutkan pembangunan infrastruktur kereta cepat Jakarta- Bandung. Pasalnya, RTRW ini juga dinantikan oleh China untuk mengucurkan dana bagi Indonesia.

"Semua itu tunggu RTRW untuk di tandatangan bapak presiden, kalau tidak kita tidak bisa gerak untuk pembebasan lahannya. Karena RTRW yang menentukan penlok itu tidak lagi berubah. Jadi tinggal itu prosesnya," tutur Menteri BUMN Rini Soemarno di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Saat ini, pembebasan lahan memang telah dilakukan. Namun, masih dibutuhkan persetujuan RTRW agar proyek ini dapat berjalan sesuai harapan.

"Pokoknya yang penting dari kami menunggu RTRW-nya, itu yang paling utama. Tadi juga bicara dengan kemenhub bahwa pembebasan lahannya akan dilakukan oleh PSBI (PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia) partnernya dari China, pemilik 60% dari KCIC," ungkap Rini.

Persetujuan RTRW ini nantinya akan diterbitkan melalui Peraturan Pemerintah. Diharapkan, China Development Bank dapat tetap bekerjasama dengan Indonesia dalam pelaksaan proyek ini.

"(Pinjaman) itu bisa dilakukan, tapi yang utama RTRW harus fix. Pembicaraan kita dengan CDB RTRW harus fix sehingga penloknya tidak bisa berubah. Selama bisa demikian, CDB tidak masalah. Tapi yang utama tetap penekanannya karena salah satu pembangunan utamanya adalah halim, karena itu ada proses terowongan yang cukup panjang, mereka menghadapkan kita proses negosiasi dengan angkatan udara terselesaikan dulu," tutupnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini