Image

Ini Alasan Perpres Sertifikasi ISPO Belum Terbit

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 21 Maret 2017, 20:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 03 21 320 1648593 ini-alasan-perpres-sertifikasi-ispo-belum-terbit-dbcjlMMtKQ.jpg Ilustrasi: (Foto: Antara)

JAKARTA - Peraturan Presiden (Perpres) soal penguatan platform sawit Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) sebelumnya ditargetkan segera terbit pada Januari lalu. Meskipun Perpres itu telah melalui serangkaian studi dan diskusi yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan, namun hingga saat ini Perpres tersebut belum juga diturunkan.

Wakil Ketua Tim Kerja Penguatan ISPO Diah Suradiredja membeberkan terkait update kenapa Perpres masih ditahan sampai saat ini.

"Itu karena masih belum juga disepakati bersama. Penyelesaian mekanisme tentang legalitas lahan. Itu yang menjadi alasan kenapa sampai saat ini perpres masih ditahan," katanya di Kawasan Cikini, Jakarta, Selasa (21/3/2017)

Nantinya Perpres akan dikonsultasikan di empat regional dan nasional. Masing-masing daerah tersebut adalah Pekanbaru-Sumatera, Samarinda-Kalimantan, Sulawesi, Makowari Papua.

"Iya dari Januari kalau Januari dikeluarkan akan lebih rame dari ini dan enggak akan mengubah apa-apa. Dari konsultasi publik itu diharapkan nantinya bisa jadi masukan," katanya.

Dirinya berharap, agar Perpres ISPO bisa segera rampung pada tahun ini. Karena semua pihak sudah menunggu sejak bulan januari lalu.

"Kalau bisa sih tahun inilah karena semuanya juga sudah menunggu," tutupnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini