Image

Banyak Keluhan, Pengembang Harus Sediakan Fasilitas Sosial dan Umum Perumahan

ant, Jurnalis · Selasa 21 Maret 2017, 11:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 21 470 1647987 banyak-keluhan-pengembang-harus-sediakan-fasilitas-sosial-dan-umum-perumahan-tO4txqtrTu.jpg Ilustrasi : Okezone

KARAWANG - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, harus tegas mewajibkan seluruh pengembang perumahan untuk menyediakan fasilitas sosial dan fasilitas umum saat proses pengajuan izin, kata anggota DPRD setempat Budiwanto, Selasa (21/3/2017).

"Fasilitas sosial dan fasilitas umum perumahan mutlak harus disediakan. Itu yang harus ditegaskan pemerintah saat proses pengajuan izin pembangunan perumahan," katanya, kepada Antara, di Karawang.

Ia mengatakan, selama ini banyak keluhan dari masyarakat yang tinggal di perumahan mengenai buruknya fasilitas sosial dan fasilitas umum di perumahan mereka.

Seperti jalan raya dan area ruang terbuka hijau di kompleks perumahan, kondisinya banyak yang rusak. Kalaupun diperbaiki, itu menggunakan anggaran dari iuran masyarakat yang tinggal di perumahan.

Menurut dia, kondisi itu terjadi karena pihak pengembang perumahan belum melakukan serah-terima aset fasilitas umum dan fasilitas sosial ke pemerintah daerah.

Bahkan ada beberapa perumahan yang sudah ada selama puluhan tahun, tapi belum melakukan serah-terima aset ke Pemkab Karawang.

"Jelas itu merugikan. Karena masyarakat yang tinggal di perumahan juga membayar pajak dan berhak atas perbaikan atau pembangunan infrastruktur dari pemerintah daerah," kata Budiwanto.

Atas hal tersebut, ia menyarankan agar pihak pengembang perumahan segera melakukan serah-terima aset ke Pemkab Karawang, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pemkab Karawang juga perlu proaktif untuk memudahkan proses serah-terima aset pengembang perumahan ke pemerintah daerah.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini