Image

Begini Cara agar Pelaku Jasa Konstruksi Jadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Trio Hamdani, Jurnalis · Selasa 21 Maret 2017, 15:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 03 21 470 1648283 begini-cara-agar-pelaku-jasa-konstruksi-jadi-tuan-rumah-di-negeri-sendiri-zeTtimyAEZ.jpg Ilustrasi : Shutterstock

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengesahkan undang-undang 2/2017. Tujuan dari pengesahan undang-undang ini untuk kepentingan pelaku jasa konstruksi dalam negeri.

Seperti diketahui, selama ini pelaku jasa konstruksi dalam negeri menilai pelaku jasa konstruksi dalam negeri kerap mengalami kendala dalam bersaing dengan pelaku jasa konstruksi asing. Padahal pasar infrastruktur di Indonesia merupakan yang terbesar di Asia Tenggara.

"Kemudian ketika kita menyatakan begitu besar pasar infrastruktur tidak ada kata lain, pertama kita harus siapkan penyelenggara infrastruktur yang andal," jelas Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Yaya Supriyatna di Gedung DPR RI, Selasa (21/3/2017).

Dengan begitu, maka diharapkan, disahkannya undang-undang tersebut mampu mendukung para pelaku jasa konstruksi terkait perannya dalam bersaing di negara sendiri karena memiliki kualitas yang memadai.

"Beberapa yang sudah diatur terkait keandalan yaitu pelakunya harus mampu mengerjakan konstruksi dengan baik. Itu sudah diatur bahwa pelaku ini harus bersertifikat," jelasnya.

Selain itu, adanya undang-undang jasa konstruksi juga diharapkan agar hambatan-hambatan yang biasanya dihadapi pelaku jasa konstruksi yakni ketidaksinkronan pemerintah pusat dan daerah.

"Dibagi peran antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten kota dalam pembinaan SDM yang berkualitas. Ketika kita punya SDM berkualitas kita bisa merebut, khususnya menjadi tuan rumah di negara sendiri dalam hal infrastruktur," tambahnya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini