Harga Batu Bara Fluktuatif, Bukit Asam Incar CPO

Ulfa Arieza, Jurnalis · Rabu 22 Maret 2017 15:39 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 22 320 1649175 harga-batu-bara-fluktuatif-bukit-asam-incar-cpo-478QAC8m4Y.jpg Ilustrasi: Reuters

JAKARTA - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berencana ekspansi ke sektor Crude Palm Oil (CPO). Pilihan perusahaan tambang batu bara ini untuk memperluas kapital perusahaan ke sektor non tambang didasarkan pada harga batu bara yang cenderung fluktuatif.

"Butuh size up di company. Kalau hanya menggunakan batu bara mungkin, tapi saya tidak bisa lompat. Mungkin lima tahun ke depan meningkat," kata Direktur Keuangan PT Bukit Asam Tbk Achmad Sudarto di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Sudarto melanjutkan saat ini PTBA telah mengantongi tanda tangan kontrak batubara dengan investor domestik sebesar 85% hingga tahun 2030. Kontrak tersebut setara dengan 570juta ton batubara, yang nilainya akan selalui diperbaharui tiap tahun.

Kendati telah mengantongi kontrak yang menyatakan posisi PTBA aman, namun PTBA terus berusaha melakukan langkah efisiensi.

Oleh karenanya, pilihan ekspansi PTBA jatuh pada sektor CPO yang nantinya akan memanfaatkan lahan yang dimiliki perusahaan tambang plat merh tersebut.

"Ada area besar 10 tahun 10rb ha daripada menanam akasia lebih baik kelapa sawit, setelah itu dibikin biodisel," pungkas dia.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini