Berapa Gaji Minimal untuk Beli Rumah di DKI Jakarta?

Agregasi Cekaja.com, Jurnalis · Jum'at 24 Maret 2017 18:44 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 23 470 1650363 berapa-gaji-minimal-untuk-beli-rumah-di-dki-jakarta-KXUhiv70Qo.jpg Ilustrasi : Shutterstock

JAKARTA - Beli rumah di Kota Jakarta memang sulit. Apalagi penyebabnya kalau bukan harganya yang mahal? Tetapi, mau tidak mau hal tersebut harus diperjuangkan apalagi kalau Anda bekerja di Ibukota.

Harga rumah di Jakarta memang cukup tinggi, tetapi itu semua tergantung lokasi dan tipe rumah yang Anda pilih. Kalau Anda mau cari rumah murah di Jakarta, bisa coba lokasi yang berada di pinggiran Jakarta.

Misalnya di wilayah pinggiran Jakarta Timur atau pinggiran Jakarta Barat. Kalau pintar dan sabar mencarinya, Anda masih bisa menemukan harga rumah murah sekitar Rp300-350 juta. Lalu, berapa sih gaji minimal yang Anda butuhkan kalau ingin punya rumah di Jakarta? Yuk, kita simak perhitungannya!

Harga rumah murah di Jakarta

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, Anda masih bisa menemukan rumah murah layak huni di wilayah DKI Jakarta seharga Rp350 juta. Tentunya, harga rumah yang murah tersebut berlokasi di pinggiran Jakarta.

DP 20% dan maksimal lama cicilan 20 tahun

Dengan asumsi harga rumah yang dibeli Rp350 juta, maka Anda bisa menyicil dalam jangka waktu paling panjang yaitu selama 20 tahun. Selain itu, Anda juga harus melakukan pembayaran di muka terlebih dahulu sebesar 20% dari harga properti.

DP rumah yang perlu Anda bayar sekitar Rp 70 juta, sehingga jumlah yang perlu Anda cicil adalah Rp280 juta (Rp350 juta-Rp70 juta). Dari nilai Rp280 juta tersebut, rata-rata pihak bank akan memberikan persetujuan KPR dengan kewajiban mencicil Rp 1,5 juta selama 20 tahun ke depan.

Jadi, berapa gaji harus yang Anda miliki?

Jadi, dengan asumsi Anda memiliki uang DP, maka Anda harus mampu mencicil Rp1,5 juta per bulan selama 20 tahun. Mengingat peraturan Bank maksimal cicilan adalah 30% dari pendapatan bulanan, maka gaji minimal yang harus Anda miliki untuk pengajuan Kredit Pemilikan Rumah atau KPR rumah seharga Rp350 juta di Jakarta adalah Rp5 juta.

Nah, kalau saat ini gajimu belum mencukupi. Anda harus pintar menyiasatinya seperti mencari pekerjaan di tempat lain dengan tawaran gaji yang lebih tinggi, atau bisa juga negosiasi ulang untuk urusan gaji dengan atasan. (tro)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini