Image

Jumlah Pengusaha RI Hanya 1,5%, Menaker Tantang Anak Muda Berwirausaha

Zulfikarnain, Jurnalis · Sabtu 25 Maret 2017, 18:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 03 25 320 1651114 jumlah-pengusaha-ri-hanya-1-5-menaker-tantang-anak-muda-berwirausaha-8T4ukA76dV.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

MAKASSAR - Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri menantang pemuda untuk terjun di dunia bisnis. Sebab, pengusaha saat ini di Indonesia masih minim.

"Saat ini jumlah pengusaha kita di Indonesia masih sekitar 1,5%. Sehingga peluang untuk terjun di dunia usaha masih terbuka besar dan membuka lapangan kerja," kata Hanif saat menjadi narasumber di Kursus Banser Pimpinan GP Ansor, di aula Balai Latihan Kerja dan Industri (BLKI) Makassar, Sabtu (25/3/2017).

Hanif mengungkapkan, pemuda harus merapatkan barisan untuk meningkatkan kompetensi, baik sebagai tenaga kerja maupun sebagai wirausahawan. Karena itu merupakan giat menjaga kemandirian bangsa.

"Sekarang ini, Indonesia telah memasuki era MEA, sehingga mau tidak mau tenaga kerja harus mumpuni agar bisa bersaing. MEA menjadi kompetisi yang sifatnya tidak alamiah, tapi persaingan yang didesain seperti harus ada sertifikasi atau lisensi," imbuhnya.

"Secara kasar begini, jika anda jago berkelahi tapi tak punya lisensi, anda tak bisa masuk ring tinju. Kalau tak bisa bertanding bagaimana mau menang," sambungnya.

Menurutnya, wadah sosial seperti majelis-majelis taklim NU di tiap wilayah, bisa dijadikan sebagai sarana untuk mendorong dan mendukung kemandirian ekonomi masyarakat.

Selain itu, mantan pengurus GP Ansor ini pun menegaskan kepada seluruh kader NU agar bisa menjaga warisan ilmu para ulama NU.

"Yakni akidah Islam Ahlussunnah Waljamaah an Nahdiyah harus menjadi dasar untuk berbuat yang terbaik bagi Indonesia. Agar kita berada di depan untuk memberikan manfaat yang baik bagi bangsa dan semua orang," pungkas Hanif.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini