Share

Jokowi Ingatkan Tantangan Ekonomi Global di Rakernas Hipmi

Dedy Afrianto, Jurnalis · Senin 27 Maret 2017 11:27 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 27 320 1651944 jokowi-ingatkan-tantangan-ekonomi-global-di-rakernas-hipmi-iKRn6QsicC.jpg Foto: Dedy Afrianto

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan pembukaan rapat kerja nasional (rakernas) XVI Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) dan Peluncuran Hipmi Go to School Tahun 2017. Kegiatan ini diadakan di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Rakernas ini mengambil tema 'Economic Revolution (Berkeadilan dan Berkelanjutan)'. Turut hadir dalam kegiatan ini sejumlah Menteri Kabinet Kerja. Di antaranya adalah Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Sekertaris Kabinet Pramono Anung. Para pengusaha kelas atas pun juga turut hadir dalam kegiatan ini.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa fluktuasi ekonomi global masih menjadi tantangan bagi ekonomi Indonesia. Untuk itu, dunia usaha perlu memperhatikan tantangan ini.

"Pertama, ketidakpastian ekonomi dunia, perlambatan ekonomi dunia betul-betul sangat menyulitkan negara. Hampir semua negara babak belur karena ketidakpastian kebijakan negara besar, sehingga hampir semua kepala negara menyampaikan sulit memprediksi ekonomi tahun ini seperti apa, tahun depan seperti apa," tuturnya di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin (27/3/2017).

Jokowi pun menekankan bahwa pembangunan pada berbagai sektor perlu dilakukan. Pembangunan ini pun dapat menjadi modal bagi dunia usaha untuk menghadapi persaingan global.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pelaksana Rakernas XVI Hipmi Munafri Arifuddin mengatakan bahwa rakernas ini dihadiri oleh seluruh perwakilan dari Indonesia. Diharapkan, nantinya pengusaha muda akan lahir melalui garis kebijakan yang dari pemerintah dan didukung oleh dunia usaha.

"Hari ini akan diresmikan Hipmi go to school. Dikenalkan lebih dini kewirausahaan di bangku SMK. Harapannya pengusaha di Indonesia jauh lebih banyak dari saat ini," imbuhnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini